Kreatif, Pemuda Ini Buat Platform Listing UMKM Pasardesaku untuk Warga Desa Tegalharjo Pati - Comedy, Indie and Creativity

Sabtu, 27 Juli 2024

Kreatif, Pemuda Ini Buat Platform Listing UMKM Pasardesaku untuk Warga Desa Tegalharjo Pati

 




Loetju.id - Berbekal keterampilannya dalam menulis dan membuat blog, Achmad Munandar atau akrab dipanggil Kang Mad membuat sebuah plarform listing UMKM bernama Pasardesaku.com di desanya yaitu Tegalharjo Pati.

Saat artikel ini ditulis, setidaknya sudah 60% UMKM di Desa Tegalharjo sudah masuk dalam listing di platform Pasardesaku.com. Dari warung makan, bengkel, penjahit, persewaan sound system dan masih banyak lagi yang lainnya semua bisa ditemukan sesuai kategori masing-masing.

Kang Mad menyampaikan bahwa ide awal pembuatan platfom Pasardesaku.com sudah dimulai saat pendemi, kala itu ia harus pulang beberapa bulan karena usahanya di Semarang terdampak kebijakan PPKM. Ia ingin membuat sebuah proyek sosial yang bisa membantu para tetangga di desanya.


Bulan Juli 2024 ini, platform Pasardesaku.com mendapatkan bantuan dari campaign yang ia buat di Kitabisa.com. Dana tersebut ia gunakan untuk membeli domain, membuat spanduk yang kemudian ia bagikan pada beberapa UMKM, belum semunya mengingat uang yang didapatkan baru cukup untuk mencetak beberapa spanduk saja.

Selain listing usaha dan jasa UMKM, di platform Pasardesaku.com warga bisa belajar tentang cara mengembangkan usaha lewat konten artikel, podcast audio dan video yang ia sajikan. Ada pula informasi tentang lowongan kerja yang diharapkan bermanfaat bagi warga Desa Tegalharjo.

Kreatif ya sobat Loetju, memang semestinya dalam hidup kita harus imbang antara proyek yang sifatnya komersial dan proyek sosial untuk memberi manfaat bagi sekitar. Semoga bermanfaat sampai jumpa.



Penulis
Simon

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..