Angka Karies yang Tinggi : Mahasiswa KKN Undip Adakan Pelatihan Menyikat Gigi Dengan Teknik yang Benar - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 09 Agustus 2024

Angka Karies yang Tinggi : Mahasiswa KKN Undip Adakan Pelatihan Menyikat Gigi Dengan Teknik yang Benar

 


Loetju.id - Pekalongan (27/07/24) - Mahasiswa KKN Tim II Undip 2024 memberikan pelatihan dan edukasi mengenai teknik menyikat gigi yang benar kepada ibu-ibu yang memiliki anak di Desa Kedungjaran, Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan. Sebagian besar anak-anak di Desa Kedungjaran mengeluhkan bahwa mereka sering mengalami sakit gigi. Berdasarkan hasil observasi, anak-anak tersebut juga banyak yang mengalami penumpukan plak sehingga dapat menyebabkan timbulnya gigi berlubang. Oleh karena itu, perlu adanya upaya mencegah penumpukan plak dengan diberikannya pelatihan menyikat gigi dengan teknik yang benar bagi anak. 

Kegiatan berlangsung di Balai Desa Kedungjaran dan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan ibu-ibu PKK. Setelah melakukan demonstrasi membuat mpasi dan otak-otak, para peserta mengikuti pelatihan dan edukasi mengenai pengenalan, manfaat sikat gigi, dan prosedur yang tepat dalam menyikat gigi. Pelatihan dan edukasi ini disampaikan oleh Aulya Putri Pangestuti menggunakan membagikan video youtube mengenai prosedur menyikat gigi yang benar bagi anak . 
 
Para peserta sangat antusias selama pemaparan dan aktif mengajukan pertanyaan tentang menyikat gigi sesuai dengan pengalaman sehari-hari. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang prosedur menyikat gigi yang baik akan meningkat, sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari melalui perubahan gaya hidup sehat dan kepatuhan menyikat gigi. Menciptakan perubahan gaya hidup pada anak perlu dukungan orang tua agar dapat dijadikan suatu kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. 

Pada akhir kegiatan, sebagai bentuk dukungan berkelanjutan terhadap menciptakan kebiasaan menyikat gigi yang baik di Desa Kedungjaran, diberikan video sehingga dapat diputar setiap waktu. Diharapkan, media tersebut dapat digunakan seterusnya sebagai media edukasi yang efektif dalam setiap kegiatan, sehingga masyarakat dapat terus memperoleh informasi yang bermanfaat dan melakukan menyikat gigi yang benar sebagai upaya mengurangi angka karies pada anak. 



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..