Asupan Gizi Protein Hewani Ternak: Solusi Stunting Pada Anak!! - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Agustus 2024

Asupan Gizi Protein Hewani Ternak: Solusi Stunting Pada Anak!!


Mahasiswa KKN Undip Tim II 2024 Melaksanakan Edukasi Pengenalan Terkait Pentingnya Produk Hasil Peternakan Pemenuhan Asupan Gizi Protein Hewani Pada Anak Stunting di Desa Wonoharjo

Loetju.id - KKN TIM II Tahun 2024 Universitas Diponegoro melaksanakan edukasi pengenalan pentingnya produk hasil peternakan dalam memenuhi gizi protein hewani pada anak stunting. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kelurahan Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali (25 Juli 2024) yang di hadiri oleh ibu-ibu kelas stunting dan ibu bidan. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa UNDIP dalam rangka meningkatkan kesadaran orang tua dalam pencegahan stunting yang terjadi di indinesia, salah satunya di Desa Wonoharjo. 

Stunting merupakan masalah kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan gizi, terutama pada masa pertumbuhan anak. Kondisi ini dapat berdampak buruk pada perkembangan fisik dan mental anak, yang pada akhirnya memengaruhi kualitas hidup mereka di masa mendatang. Desa Wonoharjo adalah salah satu daerah yang masih berjuang untuk menurunkan angka stunting, sehingga diperlukan tindakan yang tepat guna memastikan anak-anak mendapatkan asupan gizi yang cukup dan seimbang.

Oleh karena itu, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Tim II 2024 melaksanakan kegiatan berupa edukasi pengenalan pentingnya produk hasil peternakan dalam memenuhi gizi anak stunting yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama para ibu dan pengasuh anak, tentang pentingnya produk hasil peternakan dalam memenuhi kebutuhan gizi protein hewani anak-anak guna mencegah stunting.
 

Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung dengan pemaparan materi dengan poin-poin penting yaitu manfaat protein hewani, dampak kekurangan protein hewani dan solusi mencegah stunting dengan protein hewani. Selain itu poin yang paling penting yaitu pengenalan protein hewani dari produk hasil peternakan. Bukan hanya itu saja mahasiswa juga memberikan media Leaflet sebagai pegangan selama berjalanya sosialisasi. Selama penyampaian materi warga memperhatikan apa yang mahasiswa sampaikan dengan baik dan saat dilakukan kesempatan untuk bertanya peserta aktif menyampaikan pendapatnya. 

Setelah dilakukan sosialisasi diharapkan orang tua lebih paham mengenai protein yang seimbang untuk memenuhi gizi anak serta memahami cara mencegah stunting pada anak melalui produk hasil peternakan.



Penulis :
Anisa Tri Utami
Peternakan – Fakultas Peteranakan dan Pertanian

KKN TIM II 2024, Kabupaten Boyolali
Kecamatan Kemusu, Desa Wonoharjo

Dosen Pembimbin:
Zaki Ainul Fadli., S.S., M.Hum

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..