“Ayo! Bantu Pemerintah Dengan Sadar Pajak” , Mahasiswi KKN TIM II UNDIP Melakukan Penyuluhan Peningkatan Kesadaran Masyarakat Mengenai Pajak Dan Konsultasi Tentang Pajak - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Agustus 2024

“Ayo! Bantu Pemerintah Dengan Sadar Pajak” , Mahasiswi KKN TIM II UNDIP Melakukan Penyuluhan Peningkatan Kesadaran Masyarakat Mengenai Pajak Dan Konsultasi Tentang Pajak




Loetju.idDesa Gedongsari, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung ( 31/07/2024). Mahasiswi dari Akuntansi Perpajakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2024, melakukan penyuluhan peningkatan kesadaran masyarakat mengenai pajak dan konsultasi tentang perpajakan sebagai perwujudan pengabdian dan sebagai pelopor generasi taat pajak.

Sasaran penyuluhan ini kepada bapak-bapak warga desa di Desa Gedongsari dan perangkat Desa Gedongsari, hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat akan pajak dan cara pembayaran pajak dengan cara yang mudah.

 
“Pajak itu sifatnya wajib dan memaksa, namun fungsi pajak itu sendiri digunakan untuk kemakmuran pemerataan negeri”.

Walaupun sudah banyak masyarakat yang telah mengerti bahwa membayar Pajak adalah kewajiban sebagai warga Negara, namun sayangnya masih banyak pula masyarakat awam yang menganggap bahwa membayar pajak tidak memberikan manfaat, sehingga menyebabkan masih banyaknya potensi pajak yang belum tergali. Hal tersebut mengakibatkan realisasi penerimaan pajak tidak mencapai target yang salah satunya disebabkan oleh rendahnya tingkat kesadaran dan kepatuhan masyarakat. 

Kesadaran wajib pajak adalah hal terpenting dalam sistem pajak modern saat ini. Karena kesadaran wajib pajak seseorang  (wajib pajak) demi rela melapor dan membayar pajak kepada negara sangat penting untuk dapat membiayai setiap program Pembangunan pemerintahan serta demi kesejahteraan umum warganya.

Sebagian banyak masyarakat di Desa Geongsari tau cara membayar pajak akan tetapi seiring berjalannya zaman banyak cara dan mudah membayar pajak lewat online seperti lewat aplikasi samsat digital nasional (SIGNAL). 

Berdasarkan hal tersebut, mahasiswi memiliki peran penting pada aspek pendidikan, khususnya dalam hal edukasi tentang pajak. Dengan tingkat keilmuannya yang lebih tinggi dan sebagai generasi yang terpelajar, mahasiswa sangat diharapkan untuk dapat berpartisipasi dalam memperbaiki situasi perpajakan di Indonesia dimana mahasiswi tidak harus selalu menjadi akademisi, melainkan juga dapat menjadi pelopor agen perubahan yang direalisasikan melalui aksi nyata.



Penulis : 
Putri Julia Anggraini 

Editor :
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..