Ayo Say No to Stunting!!! Mahasiswa KKN Tim II Undip Adakan Pelatihan Pembuatan Produk Diversifikasi Nugget Ikan Nila untuk Tingkatkan Angka Konsumsi Ikan di Desa Pacar, Tirto, Pekalongan - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 09 Agustus 2024

Ayo Say No to Stunting!!! Mahasiswa KKN Tim II Undip Adakan Pelatihan Pembuatan Produk Diversifikasi Nugget Ikan Nila untuk Tingkatkan Angka Konsumsi Ikan di Desa Pacar, Tirto, Pekalongan





Loetju.idPacar, Pekalongan (03/8/2024) - Angka stunting di Kabupaten Pekalongan terbilang cukup tinggi. Masalah stunting masih menjadi salah satu prioritas utama pada program kesehatan.  Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tim II Undip FPIK Ira Cindy Dwi Cahya Angkatan 2021 prodi Teknologi Hasil Perikanan memberikan kontribusi berupa pemberian edukasi terkait nutrisi yang baik bagi anak guna mencegah stunting dan pembuatan makanan selingan nugget sebagai makanan pendamping pertumbuhan anak yang dapat membantu terpenuhinya nutrisi anak. 

Seperti diketahui, konsumsi ikan yang tinggi, terbukti mampu menurunkan angka stunting. Mahasiswa KKN melaksanakan program kerja "pelatihan pengenalan produk diversifikasi perikanan dalam upaya pembuatan makanan pendamping pertumbuhan anak guna untuk meningkatkan gizi". Program dilakukan dengan cara metode pelatihan dan edukasi pentingnya konsumsi ikan serta membagikan contoh produk olahan perikanan.
 

Rendahnya angka konsumsi ikan di Indonesia adalah salah satu permasalahan utama Indonesia disektor perikanan dan kelautan. Minimnya angka konsumsi ikan di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor. Ssalah satu faktor utama yaitu karena produk yang dihasilkan monoton, adapun berbagai produk perikanan yang sekarang sudah bervariasi malah jarang diketahui oleh khalayak umum.

Kandungan ikan nila yang tinggi menjadi aset ketahanan pangan yang di budidayakan di Desa Pacar. Tingkat budidaya ikan sangat berpotensi dijadikan bahan baku pembuatan produk olahan seperti nugget. Kegiatan ini mencangkup pemberian materi mengenai kesehatan anak dan UMKM diversifikasi produk olahan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dan ditutup dengan kegiatan pembagian produk melalui ibu PKK setempat.

Nugget ikan adalah makanan olahan yang terbuat dari daging ikan yang dicampur dengan sedikit tepung dan telur sebagai bahan dasar pembuatannya. Pembuatan nugget ikan nila dengan penambahan wortel sebagai sumber β-karoten sangat menambah gizi produk. Nugget ikan nila dapat dikonsumsi sebagai lauk atau makanan selingan bekal dan dapat dijual sebagai sumber pendapatan keluarga. 

“Kegiatannya sangat menyenangkan dan edukatif. Ibu-ibu di sini jadi bisa lebih produktif dan tahu cara mengolah ikan nila versi baru. Biasanya kan cuma kita goreng. Selain itu,  kalkulasinya juga dapat menumbuhkan ide kami untuk membuka usaha, ini enak mbak.” ujar Ibu Novi, selaku Carik.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan gizi anak dapat tercukupi dan UMKM nugget ikan nila dapat dikembangkan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan warga Desa Pacar.




Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..