Bakar Sampah Bukan Solusi tapi Polusi, Pemilahan Sampah Jadi Alternatif - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 05 Agustus 2024

Bakar Sampah Bukan Solusi tapi Polusi, Pemilahan Sampah Jadi Alternatif



Loetju.id - Sragen (27/7/2024), telah dilaksanakan program kerja “Minimalisasi Pembakaran Sampah dengan Pemilahan Sampah” yang dilakukan oleh Farisha Mutiara Sani, mahasiswa prodi Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro, ke ibu-ibu PKK di Desa Ngandul khususnya di RT 3 dan RT 4 Dukuh Nglaban. Setelah melakukan survei selama beberapa minggu, ditemukan bahwa tidak tersedianya tempat sampah dan pengangkutan sampah. Selain itu, sampah yang dihasilkan setiap harinya akan dilakukan pembakaran sebagai tahap pemusnahan. Sehingga, perlu dilakukan minimalisasi pembakaran sampah untuk lingkungan yang lebih sehat. 

Adanya minimalisasi terkait pembakaran sampah, diharapkan dapat membuat lingkungan di Desa Ngandul, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen menjadi lebih bersih dan sehat. Pemilahan sampah antara sampah organik dan anorganik secara dilakukan secara sederhana dengan memanfaatkan lahan yang ada dan pengumpulan sampah anorganik yang menghasilkan uang.

“Sampahnya dibakar, ya merasa terganggu sih tapi mau gimana lagi.” Pemilahan sampah dilakukan dengan membedakan dua jenis sampah, yakni sampah organik dan anorganik. Pengolahan sampah organik dilakukan dengan pembuatan galian tanah (kowen) untuk pembuangan sampah organik, lalu dilakukan pengurukan tanah, yang nantinya sampah organik akan berubah menjadi kompos. 


Banyaknya tukang rongsok keliling akan mempermudah pengolahan sampah anorganik. Masyarakat dapat mengumpulkan sampah anorganik seperti kardus, botol plastik, gelas plastik, duplex, galon sekali pakai, dan lain-lain untuk dijual ke tukang rongsok.

Program kerja ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat agar dapat memilah sampahnya dan meminimalisir maraknya pembakaran sampah. Program kerja dimulai dengan melakukan survei di Desa Ngandul, menganalisa permasalahan terkait sampah, dan dilakukan sosialisasi mengenai pemilahan sampah dengan luaran berupa poster  yang dibagikan ke beberapa Ibu-Ibu PKK yang hadir.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..