Bangga Menjadi Pemuda Aktif Untuk Kesehatan Bayi, Mahasiswa Fisip Undip Memberikan Penyuluhan kepada Ibu PKK tentang Pentingnya Memporsi Bentuk Penakaran Bayi - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 09 Agustus 2024

Bangga Menjadi Pemuda Aktif Untuk Kesehatan Bayi, Mahasiswa Fisip Undip Memberikan Penyuluhan kepada Ibu PKK tentang Pentingnya Memporsi Bentuk Penakaran Bayi

 
Pekalongan, 04 Juli 2024 Mahasiswa Fisip Undip 
memberikan penyuluhan kepada Ibu PKK
 terkait penakaran MPASI berdasarkan umur Anak.


Loetju.id - MPASI (Makanan Pendamping Asi) merupakan salah satu makanan yang di konsumsi untuk anak mulai dari usia 6 hingga dewasa. Dimana awal bayi untuk memproses memenuhi kebutuhan gizi pada awal mencerna makanan. 

Melalui awal pencernaan makanan untuk anak yang sedang bertumbuh memerlukan pola konsumsi berporotein tinggi serta memerlukan takaran serta pola makanan agar kebutuhan gizi pada anak stabil dan tidak mengalami ”STUNTING” maka dari itu perlu adanya takaran agar protein serta karbohidrat agar nutrisi pada bayi. 

Dari awal pemberian MPASI memerlukan tambahan makanan selain asi dimana anak mulai di ajarkan untuk mengunyah makanan serta perlu diperhatikan postur makananan agar energi tambahan yang diperlukan untuk anak sesuai yang dibutuhkan serta perlu diperhatikannya tekstur pada bayi untuk mendorong sesuai IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) yang telah di tetapkan oleh dinas terkait. 

MPASI mendukung serta memenuhi pertumbuhan pada bayi untuk meningkatkan nutrisi-nutrisi agar anak bisa terlatih untuk melatig keterampilan makanan. Adanya rentang waktu untuk takaran usia pada bayi dimulai dari usia 6-8 Bulan, bentuk takarannya 2-3 sendok nasi dimana bentuk postur disajikan secara lentur dan halus, awal bayi perkenalan makanan serta jenis makanan memantau reaksi alergi pada anak. 

Takaran MPASI untuk anak usia 9-11 Bulan dimana tahap kedua untuk bayi berkonsistensi agar makanan bisa lebih kental serta bertekstur maka memerlukan porsi yang lebih banyak seperti ¼-½ mangkuk konsitensi makanan lebih kental serta ditambahi sayuran maupun ayam cincang, biasanya diberikan tim ayam, bubur ikan salmon serta telur orak arik. 

Takaran MPASI usia 12-24 Bulan tekstur disesuaikan lebih mengunyah dan porsinya sesuaikan dengan kebutuhan, biasanya 1 mangkok karena bayi telah mengunyah maka dari itu porsinya harus sesuai beragam sehingga untuk menurunkan angka stuntig berada di Desa Pacar yaitu bagi anak mengonsumsi makanan berprotein serta mencangkup gizi seimbang untuk memproses kebutuhan gizi untuk anak agar pertumbuhan bayi untuk anak dapat merespon dengan baik.




Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..