Bantu Penanganan Pertama pada Batuk Pilek, Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Terapi Uap Minyak Kayu Putih pada Warga - Comedy, Indie and Creativity

Minggu, 11 Agustus 2024

Bantu Penanganan Pertama pada Batuk Pilek, Mahasiswa KKN Undip Kenalkan Terapi Uap Minyak Kayu Putih pada Warga



Loetju.id - Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) Tim II 2023/2024 di Desa Pojok, Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo melaksananakan sosialisasi Terapi Uap Minyak Kayu Putih. Kegiatan ini diikuti oleh Anggota bank sampah dan anggota pemberdayaan kesejahtraan keluarga (PKK) RW 3, serta di dampingi langsung oleh bapak RW 3.

Batuk pilek pada anak merupakan salah satu masalah kesehatan yang yang umum terjadi di Masyarakat. Anak-anak cenderung lebih rentan terhadap infeksi virus pernafasan seperti batuk pilek sehingga menjadi sumber kekhawatiran bagi orang tua dan Masyarakat.

“Penyebaran infeksi virus pernafasan pada anak sering terjadi di lingkungan anak-anak seperti sekolah dan tempat bermain. Sehingga mempercepat penyebaran lebih lanjut terutama pada komunitas” ujar RW setempat, Slamet Saryanto, Sabtu (24/7/2024).

Peristiwa di atas membuat orang tua menjadi resah, berangkat dari hal tersebut mahasiswa KKN Undip membuat program sosialiasi mengenai penanganan batuk pilek sederhan, yaitu Terapi Uap Minyak Kayu Putih.

Sebagai informasi, terapi uap minyak kayu putih adalah salah satu terapi inhalasi sederhana yang menggunakan minyak kayu putih sebagai obat dengan cara dihirup dalam bentuk uap kedalam saluran pernapasan.  

“Manfaat dari terapi ini yaitu melebarkan jalan napas, melegakan dan menghangatkan tenggorokan, mempermudah pengeluaran dahak, dan meningkatkan fungsi pernafasan dan paru-paru. Terapi ini bukan hanya untuk batuk pilek, tetapi bisa juga untuk penanganan asma dan radang pada saluran napas atas” terangnya.

Minyak kayu putih dicampurkan dengan air panas didalam baskom dengan perbandingan 2-3 tetes untuk 250 ml (1 gelas) air panas. Kemudian tempatkan diri dan campuran air minyak kayu putih ke ruang tertutup dan hirup kurang lebih selama 5-10 menit atau setelah pernafasan lega.

Menurutnya, terapi uap minyak kayu putih ini cukup efektif dalam menangani batuk pilek pada anak-anak maupun orang dewasa. Bahan-bahan yang murah dan mudah didapatkan menjadikan terapi ini dapat diterapkan oleh siapa saja.

Selama sosialisasi, mahasiswa KKN Undip juga mempraktikkan langsung kepada anggota bank sampah dan anggota PKK tata cara pelaksanaan terapi uap minyak kayu putih secara benar. Sehingga diharapkan kegiatan ini dapat dilakukan sendiri dirumah jika ada anggota keluarga yang terkena batuk pilek.




Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..