Basmi Hama Pada Tanaman Bunga, Mahasiswa KKN UNDIP Melaksanakan Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 14 Agustus 2024

Basmi Hama Pada Tanaman Bunga, Mahasiswa KKN UNDIP Melaksanakan Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati




Loetju.id - Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024 Kelurahan Mojosongo Kecamtan Jebres mengadakan kegiatan pelatihan serta edukasi tentang pembuatan pestisida berbahan dasar limbah bawang merah dan bawang putih, pada hari Sabtu, 27 Juli 2024.

Pada umumnya, kesadaran masyarakat mengenai dampak pestisida kimia sudah mulai membaik, namun pada kenyataannya tingkat pemakaiannya cukup tergolong tinggi dikarenakan minimnya pengetahuan adanya pestisida ramah lingkungan, yakni pestisida nabati.

Berawal dari permasalahan tersebut, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro atas nama Nailis Sa’diyah melakukan pelatihan dengan ibu-ibu anggota PKK RW 29 Kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres Kota Surakarta membuat pestisida nabati sebagai salah satu bentuk pemanfaatan limbah yang sudah tidak digunakan yakni berbahan dasar kulit bawang merah dan bawang putih.


Pestisida nabati merupakan jenis pestisida berbahan dasar tumbuhan yang ramah lingkungan karena sifatnya yang mudah terurai serta tidak menyebabkan resistensi hama ataupun keracunan pada tanaman. Selain itu, proses pembuatan pestisida nabati juga lebih mudah daripada pestisida kimia.

“Sosialasasi pembuatan pestisida nabati diawali dengan pemberian penjelasan mengenai pembuatan produk, dan dilanjutkan dengan praktik secara langsung dengan ibu-ibu PKK RW 29 Dusun Ngemplak Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta” ucap Nailis, salah satu anggota KKN Tim II Universitas Diponegoro program studi kimia.

Adapun bahan dasar untuk pestisida nabati ini berupa kulit bawang merah dan bawang putih. Teknik pembuatan produk sangatlah mudah, murah, dan dapat dilakukan oleh siapa saja sehingga dapat menghemat dari segi biaya produksi produk. Tahapan pembuatan diawali dengan pengumpulan kulit bawang merah dan bawang putih dalam suhu ruang, kemudian dilakukan perendaman kulit bawang putih dan bawang merah ke dalam botol bekas air mineral berukuran 1,5 L. Rendaman ini lalu ditutup dan dilakukan fermentasi selama 48 jam sebelum diaplikasikan pada tanaman.

Salah satu kader PKK RT 02 RW 29 Kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres, Surakarta, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro.

“Kegiatan yang telah dilakukan sangat menambah wawasan baru bagi kami, sehingga dengan adanya sosialisasi terkait pemanfaatan limbah rumah tangga khususnya kulit bawang merah dan bawang putih yang biasanya dibuang begitu saja, dapat berguna untuk pembuatan pestisida yang ramah lingkungan dan bermanfaat untuk pembasmian tanaman”, ujar Bu Sri.

Tim II KKN Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024 terdiri dari mahasiswa yang berasal dari berbagai prodi dan dalam pelaksanaan di Dusun Ngemplak Kelurahan Mojosongo Kecamatan Jebres Kota Surakarta dibimbing oleh Drs. Catur Kepirianto, M. Hum.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..