Berantas Tuntas Nyamuk Hanya dengan Satu Bahan, Emang Bisa? - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 07 Agustus 2024

Berantas Tuntas Nyamuk Hanya dengan Satu Bahan, Emang Bisa?

  


Loetju.id - Sragen - Pada hari Sabtu (27/07/2024) lalu, mahasiswa Tim II KKN Undip 2023/2024 yang berlokasi di Kelurahan Ngandul, Kecamatan Sumber Lawang, Kota Sragen berinovasi melakukan edukasi cara pembuatan spray anti-Nyamuk dari bahan alami khususnya warga  rt 03 dan 04 Kelurahan Ngandul. Kegiatan ini dilakukan oleh Fitria Noer Shafika mahasiswa prodi kimia murni Universitas Diponegoro.

Memasuki musim hujan, populasi nyamuk akan mengalami peningkatan yang disebabkan genangan air akibat hujan. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi populasi nyamuk dengan menggunakan obat anti-nyamuk. Kegiatan ini pun dilakukan oleh warga Desa Ngandul dengan menggunakan obat nyamuk bakar untuk membasmi nyamuk. 

Penggunaan obat nyamuk bakar yang berlebihan dan berulang dapat menyebabkan efek negatif, yaitu menggangu kesehatan pada manusia. Adapun solusi alternatif yang dapat digunakan yaitu dengan memanfaatkan sumber alam tanaman yang mengandung Bioinsektisida. Serai (Cymbopogon citratus) merupakan bahan kimia yang ramah lingkungan. Pada Serai terdapat kandungan zat kimia yang dapat mengusir nyamuk diantaranya geraniol, metil heptenon, terpen-terpen, terpen-alkohol, asam-asam organik, dan sitronela sebagai obat nyamuk semprot. 


Kegiatan edukasi ini dilakukan dengan cara demonstrasi melalui beberapa tahap. Tahap awal, sereh biasa atau wangi dipotong kecil-kecil kemudian ditambahakan air dengan perbandingan 1:1. Kemudian, Potongan sereh yang telah dicampur dengan air, direbus selama 20 menit kemudian tunggu hingga dingin. Tahap selanjutnya, Sari sereh dipisahkan dengan ampas sereh kemudian, dicampurkan dengan etanol 70% atau 96% dengan perbandingan 1:3 setelah itu dimasukan kedalam botol dan siap untuk digunakan.

Pelaksanaan edukasi cara pembuatan spray anti nyamuk dari sereh ini memperoleh respond positif dari warga. Acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab warga yang sangat antusias bertanya lebih dalam mengenai pembuatan spray anti-Nyamuk. Harapanya dengan pelaksanaan program ini, masyarakat di Desa Ngandul dapat mengimplementasikan dan dapat melanjutkan kegiatan ini untuk lebih memanfaatkan bahan alam dibandingkan dengan zat kimia yang dapat menggangu kesehatan.




Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..