Cegah Diabetes Beserta Komplikasinya, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Skrining Gula Darah dan Praktik Senam Kaki Diabetes Pada Lansia - Comedy, Indie and Creativity

Minggu, 11 Agustus 2024

Cegah Diabetes Beserta Komplikasinya, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Skrining Gula Darah dan Praktik Senam Kaki Diabetes Pada Lansia




Loetju.id - Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) Tim II 2023/2024 di Desa Pojok, Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo melaksananakan skrining pemeriksaan gula dan praktik senam kaki diabetes sebagai upaya pencegahan penyakit diabetes dan komplikasinya. Kegiatan ini diikuti oleh lansia Desa Pojok dan di dampingi langsung oleh kader setempat.

“Skrining pemeriksaan gula darah dan praktik senam kaki diabetes ini sebagai bentuk upaya pencegahan dan deteksi dini penyakit diabetes mellitus, mengingat saat ini penyakit DM menjadi masalah kesehatan yang sering tejadi” ujar salah satu kader, Purwaningsih, Rabu (14/7/2024).

Mempertimbangkan ada lansia yang sudah menderita diabetes mellitus diperlukan kegiatan skrining pemeriksaan gula darah dan senam kaki diabetes iguna mengetahui lebih lanjut kondisi kesehatan lansia di Desa Pojok.  

“Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari berturut-turut yaitu (13/7/2024) pemeriksaan gula darah, (14/7/2024) senam kaki diabetes”.

Pemeriksaan gula darah merupakan pemeriksaan untuk mengetahui kadar gula di dalam darah, sedangkan senam kaki diabetes merupakan latihan kaki untuk penderita diabetes mellitus yang bermanfaat mengurangi risiko komplikasi, meningkatkan keseimbangan, dan mencegah cidera.


Menurutnya warga yang mengikuti kegiatan,  senam kaki diabetes ini cukup efektif sebagai latihan kaki lansia diabetes karena media yang digunakan mudah didapat yaitu selembar koran. Senam kaki ini juga dilakukan sambil duduk sehingga tidak mengeluarkan tenaga yang berlebihan bagi lansia.

Selama kegiatan berlangsung, Tim KKN II Undip juga menambah beberapa edukasi terkait dengan pencegahan dan pengurangan komplikasi diabetes yang dapat dilakukan lansia dirumah. Sehingga kegiatan ini dapat memberikan manfaat berulang kepada lansia maupun keluarga.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..