Cegah Kebocoran Data, Mahasiswa KKN Undip Berikan Pendampingan kepada Ibu-ibu Dukuh Gendengan, Desa Wirun untuk Terapkan Autentikasi Multifaktor pada Sosial Media - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Agustus 2024

Cegah Kebocoran Data, Mahasiswa KKN Undip Berikan Pendampingan kepada Ibu-ibu Dukuh Gendengan, Desa Wirun untuk Terapkan Autentikasi Multifaktor pada Sosial Media

  


Loetju.id - Wirun, Sukoharjo - Kebocoran data sudah tak asing didengar seiring majunya dunia teknologi digital. Isu kebocoran data mengingatkan setiap warga untuk lebih berhati-hati terutama dalam penggunaan sosial media, akun Google, dan aplikasi mobile banking yang rawan menjadi sasaran pembobolan data. Hal tersebut memperkuat Arynda Anna Salsabiela untuk melakukan pendampingan dan monitoring penerapan autentikasi multifaktor pada akun Google dan sosial media ibu-ibu warga Dukuh Gendengan sebagai salah satu program KKN TIM II UNDIP di Desa Wirun. 

Autentikasi multifaktor merupakan salah satu bentuk peningkatan keamanan data untuk sosial media sebagai upaya preventif terjadinya kebocoran data. Pendampingan yang diberikan berfokus pada penerapan autentikasi atau verifikasi 2 faktor pada akun Google dan WhatsApp yang merupakan aplikasi utama yang digunakan warga. Kegiatan pendampingan pertama kali dilaksanakan pada Minggu, 21 Juli 2024 bertepatan dengan perkumpulan arisan PKK ibu-ibu RT 01 RW 04 Dukuh Gendengan. Kegiatan disambut antusias oleh warga dengan banyaknya pertanyaan mengenai penerapan autentikasi dan isu kebocoran data. 

Pendampingan dilakukan setelah arisan PKK selesai, diawali dengan pemberian materi mengenai kebocoran data meliputi pengertian, penyebab, dampak, cara mencegah, serta cara melakukan autentikasi pada Google dan WhatsApp. Setelah materi tersebut, Arynda selaku pemateri dan peserta lainnya melakukan praktik langsung penerapan verifikasi 2 faktor. Di akhir sesi, terdapat pemberian hadiah untuk peserta yang dapat merangkum materi dan melakukan tutorial verifikasi untuk peserta lain.

Tak berhenti di satu hari, kegiatan pendampingan berlanjut pada hari Selasa, 23 Juli 2024 untuk melakukan monitoring penerapan verifikasi 2 faktor dan berbagi cerita mengenai kebocoran data. Rangkaian kegiatan pendampingan dilakukan guna memastikan pemahaman warga mengenai pentingnya pencegahan kebocoran data dengan penerapan autentikasi multifaktor.
 

Dengan adanya pendampingan dan monitoring ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman warga Dukuh Gendengan mengenai bahaya kebocoran data dan pentingnya upaya preventif yang harus dilakukan guna menghindari terjadinya kebocoran data.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..