Cegah Si “The Silent Killer” Melalui Screening Syndrome Metabolic Dan Senam Anti-Hipertensi Pada Lansia - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Agustus 2024

Cegah Si “The Silent Killer” Melalui Screening Syndrome Metabolic Dan Senam Anti-Hipertensi Pada Lansia

 
Kegiatan Pemeriksaan Rutin di Posyandu Lansia Kelurahan Lalung 
(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Loetju.id - Kelurahan Lalung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar (06/08/2024) - Mahasiswa Tim II KKN Universitas Diponegoro melaksanakan serangkaian kegiatan pencegahan hipertensi kepada masyarakat yang bertepatan dengan kegiatan Posyandu Lansia di Kelurahan Lalung. Kegiatan ini mengusung tema “Program Screening Syndrome Metabolic dan Senam Anti-Hipertensi Pada Lansia”. Program Screening Syndrome Metabolic dan Senam Anti-Hipertensi ini merupakan bagian dari program kerja monodisiplin masing-masing anggota Tim KKN UNDIP. 

Hipertensi merupakan salah satu penyakit degeneratif yang sering disebut sebagai silent killer, sebab dianggap tidak terlihat gejala sama sekali di awal, tetapi dapat menjadi penyakit yang mematikan. Penyakit hipertensi dapat menyerang semua kelompok usia, terutama lansia. Dalam mengantisipasi adanya penyakit hipertensi, seseorang harus rutin melakukan cek kesehatan sebagai langkah screening awal, seperti misalnya melalui screening syndrome metabolic. Screening syndrome metabolic adalah pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi adanya risiko komplikasi penyakit metabolik yang rentan menyerang lansia, seperti stroke dan jantung. 

Dalam rangka meningkatkan kesadaran dan mencegah terjadinya hipertensi pada lansia, Mahasiswa KKN UNDIP menyelenggarakan Program Screening Syndrome Metabolic dan Senam Anti-Hipertensi bagi Lansia. Kegiatan dimulai dengan edukasi mengenai pencegahan hipertensi dengan media leaflet dan poster. Edukasi yang diberikan mencakup pengertian hipertensi, nilai normal tekanan darah, faktor resiko, tanda dan gejala, komplikasi hipertensi, pola makan yang sehat, serta tips mengendalikan hipertensi. Setelah edukasi, dilakukan pengukuran lingkar panggul, pinggang, dan juga tekanan darah pada lansia sebagai bagian dari screening syndrome metabolic. Kegiatan ditutup dengan senam anti-hipertensi yang diikuti oleh 30 lansia di Kelurahan Lalung. 
 
Kegiatan Senam Anti-Hipertensi di Posyandu Lansia Kelurahan Lalung 
(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Seluruh lansia memberikan respon yang positif terhadap program tersebut. Hal itu dapat dilihat dari antusiasme lansia dalam menanyakan materi serta tips untuk mengendalikan hipertensi. Masyarakat juga merasa sangat terbantu dengan adanya program ini. Ibu Sri Hartini, selaku salah satu kader posyandu lansia juga memberikan respon positif terhadap program ini. Ibu Sri menyatakan, “Dengan adanya program ini kader posyandu sangat terbantu dalam melaksanakan program posyandu lansia serta disini kami lebih teredukasi dan lebih mengenal lebih dalam terkait penyakit hipertensi.” Masyarakat lansia di Kelurahan Lalung juga berharap kedepannya agar lebih banyak program-program edukasi seperti ini, terutama mengenai penyakit yang berhubungan dengan lansia.


Penulis:
Faneza Putri Anggraini
Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro 

Dosen Pembimbing: 
Umaira Hayuning Anggayasti, S.H.,M.Kn

Lokasi: D
usun Pomahan, Kelurahan Lalung
Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar 

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..