Demo “GEMARIKAN”!! Mahasiswa KKN Tim II Undip memberikan Edukasi Jenis Olahan Ikan sebagai Salah Satu Pemenuhan Gizi untuk Mencegah Stunting di Desa Pacar, Tirto, Pekalongan - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 09 Agustus 2024

Demo “GEMARIKAN”!! Mahasiswa KKN Tim II Undip memberikan Edukasi Jenis Olahan Ikan sebagai Salah Satu Pemenuhan Gizi untuk Mencegah Stunting di Desa Pacar, Tirto, Pekalongan

  


Loetju.id - Pacar, Pekalongan (24/7/2024) - Mahasiswa KKN Undip Tim II 2024 memberikan edukasi mengenai Demo “GEMARIKAN” (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). Mahasiswa FPIK Undip Ira Cindy Dwi Cahya Jurusan Teknologi Hasil Perikanan Angkatan 2021 dalam rangka meningkatkan gizi masyarakat dan memberdayakan potensi lokal, Tim KKN Desa Pacar melaksanakan program kerja "Gemarikan". Program ini merupakan salah satu upaya dari Tim KKN untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya konsumsi ikan dan memberikan pengetahuan tentang berbagai cara mengolah ikan agar menjadi hidangan yang lezat dan bergizi.

Salah satu faktor yang mempengaruhi status gizi anak adalah kebiasaan makan. Anak cenderung memilih makanan yang disukai dan menyisihkan yang tidak disukai, misalnya jenis sayuran dan ikan. Salah satu zat gizi penting bagi tumbuh kembang anak adalah protein. Ikan juga mengandung lemak yang sangat penting yaitu asam lemak esensial. Asam lemak esensial mampu meningkatkan daya ingat anak ataupun orang dewasa, sehingga disarankan untuk rajin mengkonsumsi daging ikan setiap harinya.
 

Program edukasi ini disetujui oleh Kepala Desa dan dibantu oleh ibu Dewi selaku Bidan Desa Pacar serta ketua Kaderisasi Posyandu. Edukasi diberikan khususnya untuk anak-anak yang masih membutuhkan banyak gizi dan umumnya anak-anaklah yang paling susah untuk mengkonsumsi ikan. Sosialisasi dilakukan menggunakan media visual poster dan PPT materi yang persuasif agar menarik perhatian. Ikan Nila mengandung protein sebagai sumber pertumbuhan, omega 3, vitamin A, D, B6, B12, mineral, zat besi, kalsium, dan tidak mengandung asam lemak jenuh. Hal lain adalah harga ikan jauh lebih murah dibandingkan sumber protein lainnya. 

Setelah diberikan edukasi Gemarikan, kemudian membagikan poster untuk anak-anak tentang pentingnya ikan sebagai sumber protein bahan pangan yang murah, bernilai gizi tinggi dengan kualitas protein yang mudah dicerna serta dapat diolah dengan berbagai macam olahan. Akhir dari kegiatan dilanjutkan dengan sesi pembagian contoh olahan produk perikanan seperti kamaboko dengan berbagai macam karakter lucu yang dapat menarik kesukaan anak-anak.

Kegiatan sosialisasi ini juga memberikan informasi mengenai manfaat ikan, cara memilih ikan segar, dan jenis-jenis ikan, serta kandungan gizinya. Mahasiswa KKN Undip memberikan ciri-ciri ikan segar agar ibu-ibu tidak asal pilih ikan di pasar serta memberikan berbagai cara dalam mengolah hasil perikanan yang lebih menarik. Program sosialisasi GEMARIKAN ini bertujuan untuk menghimbau dan mengajak masyarakat Desa Pacar dalam meningkatkan gizi tubuh. 

Kegiatan sosialisasi ini mendukung program pemerintah yaitu pencegahan stunting. Hal tersebut dapat dilakukan program keberlanjutan dengan menerapkan surat komitmen kepada ibu-ibu melalui kader posyandu dan bidan desa dengan adanya pemberian makanan ikan pada anak minimal 2 kali dalam seminggu. Mahasiswa KKN Undip berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mengonsumsi ikan untuk kebutuhan gizi tubuh terutama bagi ibu hamil. Apalagi, Desa Pacar yang memiliki letak dekat dengan pantai dan mempunyai budidaya tambak ikan nila sehingga banyak hasil tangkapan ikannya.




Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..