Desa Longkeyang Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Risiko Pinjaman Online Ilegal - Comedy, Indie and Creativity

Sabtu, 10 Agustus 2024

Desa Longkeyang Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Risiko Pinjaman Online Ilegal


Loetju.id - Desa Longkeyang, 26 juli 2024 - Pemerintah Desa Longkeyang bersama dengan lembaga keuangan setempat mengadakan program peningkatan kesadaran dan literasi keuangan bagi warganya. Program ini bertujuan untuk melindungi masyarakat terutama para pemuda yang tergabung dalam karang taruna trubus dari risiko penggunaan pinjaman online (pinjol) ilegal yang masih marak terjadi di desa longkeyang.

Ketua karang taruna trubus, [Aris agus Susanto, menyatakan keprihatinannya terhadap masih banyaknya pemuda yan g terjebak dalam pinjol ilegal. "Banyak warga kami yang belum memahami risiko jangka panjang dari penggunaan pinjol ilegal. Kami ingin memastikan bahwa setiap warga Longkeyang memiliki pengetahuan yang cukup untuk membuat keputusan keuangan yang bijak," ujarnya.

Program ini menekankan pada edukasi mengenai dampak serius penggunaan pinjol ilegal, termasuk:

1. Risiko terhadap BI Checking: Penggunaan pinjol ilegal dapat mempengaruhi catatan keuangan seseorang di Bank Indonesia, yang berdampak pada kemampuan memperoleh kredit di masa depan.

2. Pengaruh pada Peluang Kerja: Banyak perusahaan kini melakukan pemeriksaan riwayat keuangan calon karyawan, termasuk penggunaan pinjol, sebagai bagian dari proses rekrutmen.

3. Beban Bunga Tinggi: Pinjol ilegal seringkali mengenakan bunga yang sangat tinggi, menjebak peminjam dalam siklus utang yang sulit diputus.


"Kami mendorong pemuda desa longkeyang  untuk menggunakan layanan keuangan resmi dan terdaftar di OJK. Ini bukan hanya tentang keamanan finansial, tapi juga tentang membangun masa depan yang lebih stabil." Program ini akan berlangsung selama berkelanjutan  dan mencakup serangkaian workshop, konsultasi keuangan gratis, serta pemberian materi edukasi kepada seluruh pemuda Desa Longkeyang. 


Dengan program keilmuan  ini, diharapkan pemuda Desa Longkeyang yang terdaftar sebagai karang taruna trubus  dapat lebih bijak dalam mengelola keuangan mereka dan terhindar dari jebakan pinjaman online ilegal yang dapat merugikan masa depan mereka".



Penulis:
Nisrina Hanin Wardhani
Fakultas Sekolah Vokasi
Jurusan Akuntansi Perpajakan
Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing Lapangan:
Dr. Rahmad Nuryanto, S.Si., M.Si

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..