Edukasi Etika dalam Media Sosial, Mahasiswa Undip Gelar Pelatihan Komunikasi Digital - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 14 Agustus 2024

Edukasi Etika dalam Media Sosial, Mahasiswa Undip Gelar Pelatihan Komunikasi Digital

 
Pelaksanaan Program Kerja “Komunikasi Digital di Era Modern: 
Etika Penggunaan Media Sosial yang Baik 
dan Pelatihan Pengiriman Email yang Efektif."  Senin (29/07/2024)

Loetju.id - Mahasiswa KKN tim II Universitas Diponegoro berhasil menyelenggarakan program kerja "Komunikasi Digital di Era Modern: Etika Penggunaan Media Sosial yang Baik dan Pelatihan Pengiriman Email yang Efektif." Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk anak kelas 8 SMP Bhineka Karya Kemusu, Desa Guwo, Kecamatan Wonosegoro, Kabupaten Boyolali pada 29 Juli 2024.

Media sosial menjadi fenomena yang sangat mendominasi dalam kehidupan remaja. Pesatnya perkembangan teknologi membuat generasi muda semakin kesulitan dalam memilih dan memilah dampak positif maupun negatif ketika menggunakan media sosial. Permasalahan tersebut menarik perhatian mahasiswa KKN Undip untuk mengedukasi anak remaja agar mampu bersikap bijak dan memanfaatkan media sosial dengan baik. Pelaksana program, Naila Ritanti Putri menjelaskan bahwa etika dalam menggunakan media sosial sangat menentukan masa depan para remaja, mengingat telah banyak pelanggaran etika yang dilakukan remaja saat ini ketika berkomentar atau membuat konten di media sosial.

Materi yang disampaikan dalam program tersebut meliputi cara menghubungi guru atau dosen dengan baik, memilah informasi yang akurat, hingga bentuk - bentuk pelanggaran dalam media sosial dan konsekuensi kedepannya. Setelah itu, mahasiswa memberikan pelatihan pengiriman email yang benar dan mengarahkan siswa untuk mempraktikkannya. Hal tersebut sangat penting untuk dipahami oleh siswa karena penggunaan email akan dibutuhkan ketika telah memasuki dunia perkuliahan ataupun pekerjaan.


Penyerahan Luaran Leaflet Kepada Guru SMP Bhineka Karya Kemusu 
Untuk Program Kerja “Komunikasi Digital di Era Modern: 
Etika Penggunaan Media Sosial yang Baik 
dan Pelatihan Pengiriman Email yang Efektif."  Senin (29/07/2024)

Setelah memberikan pemahaman mengenai media sosial, mahasiswa KKN juga memberikan luaran program berupa leaflet yang berisi langkah - langkah mengirim email supaya para siswa dapat mengingat ataupun mempelajari kembali.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..