Edukasi MPASI Ikan Lele : Upaya Meningkatkan Kecerdasan Anak Bangsa - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Agustus 2024

Edukasi MPASI Ikan Lele : Upaya Meningkatkan Kecerdasan Anak Bangsa




Loetju.id - Pekalongan (20/07/2024) - Mahasiswa TIM II KKN UNDIP 2024 memberikan edukasi mengenai manfaat MPASI Ikan Lele di Desa Tegalontar, Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan. Edukasi ini diharapkan dapat memberikan inside baru kepada ibu ibu tentang inovasi MPASI berupa Tambahan Ikan Lele. 
 
Kegiatan ini adalah edukasi mengenai manfaat MPASI yang berbahan dasar ikan lele dengan membahasan tambahan tentang steatment yang simpang siur di masyarakat tentang ibu hamil yang tidak boleh makan ikan khususnya ikan lele dan cumi-cumi. Edukasi ini dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2024 di Balai Desa Tegalontar dengan target pemaparan materi adalah ibu-ibu hamil yang berjumlah 15 orang. 

Ikan lele dipilih sebagai bahan MPASI karena kaya akan protein, omega 3 dan berbagai nutrisi penting lainnya yang sangat baik untuk perkembangan bayi. Ikan lele juga mudah didapat karena banyak budidaya ikan lele di Desa Tegalontar yang membuat harga ikan lele terjangkau, sehingga dapat menjadi solusi MPASI yang efisien dan efektif. 

Cara pembuatan MPASI ikan lele ini sangat mudah yaitu pertama pastikan ikan lele benar-benar bersih dari sisik, insang, dan kotoran lainnya. Kukus ikan lele hingga matang sempurna untuk membunuh bakteri. Haluskan daging ikan lele sesuai dengan usia dan kemampuan menelan bayi. Untuk bayi di bawah 6 bulan, haluskan hingga sangat lembut.


Simpang siur dimasyarakat informasi dari orang orang tua dahulu tentang larangan untuk memakan ikan lele karena takut terkena patil nya yang dapat membuat sakit dan juga larangan makan cumi-cumi karena dapat membuat anak berkulit hitam. Maka saya di bantu ibu bedan membantu menjelaskan bahwa hal tersebut hanyalah mitos belaka dan menjelaskan kandungan dalam ikan yang baik untuk ibu hamil dan adik bayi nya. 

Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para ibu tentang pentingnya MPASI yang berkualitas, serta memberikan alternatif menu yang bervariasi dan bergizi untuk mendukung tumbuh kembang bayi mereka. Dan diharapkan dapat meningkatkan nilai konsumsi ikan. 



Penulis : 
Noviana Nurma Rani

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..