Edukasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online dan Alur Penggunaan SINTREN serta Aplikasi IKD Kepada Masyarakat - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 14 Agustus 2024

Edukasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Online dan Alur Penggunaan SINTREN serta Aplikasi IKD Kepada Masyarakat




Loetju.idKabupaten Pekalongan - Universitas Diponegoro (UNDIP) Edukasi Pelayanan Administrasi Kependudukan secara online kepada masyarakat di Desa Yosorejo, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan pada Selasa (6/08/2024). Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari program kerja monodisplin KKN guna meningkatkan efisiensi, efektifitas sekaligus mendukung program digitalisasi desa secara merata terkhusus dalam pelayanan administrasi kependudukan di Desa Yosorejo.

Kegiatan ini diawali dengan pengenalan program pelayanan administrasi kependudukan online yang disediakan oleh pemerintah Kabupaten Pekalongan (SINTREN) maupun aplikasi resmi Identitas Kependudukan Digital atau IKD yang bisa diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia. Warga di Desa Yosorejo sangat antusias dan semangat untuk mengenal dan menggunakannya. Setelah pengenalan, dilanjut dengan alur pendaftaran, penggunaan serta persyaratan yang dibutuhkan untuk menggunakan platform tersebut. 

“Mayoritas penduduk di Desa Yosorejo sendiri adalah perantau, dengan adanya edukasi layanan administrasi kependudukan secara online ini diharapkan warga dapat terbantu dalam mengurus administrasi kependudukannya secara online tanpa perlu pulang kampung karena pelayanan dilakukan secara online.” 

 

Selain memberikan edukasi mahasiswa KKN TIM II UNDIP juga memberikan banner yang berisi alur dan persyaratan untuk mengakses layanan administrasi kependudukan secara online yang nantinya akan ditempatkan di Balai Desa Yosorejo. Dengan adanya media cetak tersebut, diharapkan seluruh masyarakat Desa Yosorejo dapat mengakses layanan administrasi kependudukan secara online dengan mudah. 



Penulis : 
Riska Melyana

DPL : 
1. Dr. Hari Susanta N, M.Si. 
2. Ichlasul Ayyub SS MSi. 
3. Asep Setiaji, S.Pt., M.Si., Ph. D

Lokasi: 
Desa Yosorejo, Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..