”GEMASKAN” yuk! Gerakan Makan Sehat Dengan Konsumsi Ikan Melalui MPASI - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Agustus 2024

”GEMASKAN” yuk! Gerakan Makan Sehat Dengan Konsumsi Ikan Melalui MPASI

 


Loetju.idMahasiswa TIM II KKN Universitas Diponegoro mengajak Masyarakat Desa Botolambat, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang untuk konsumsi ikan melaui Program ”GEMASKAN” Gerakan Makan Sehat dengan Konsumsi Ikan. Program dilakukan pada Minggu (28/7/2024) yang berlangsung bersama kegiatan Posyandu Dukuh Losari Desa Botolambat.

Program  ini bertujuan untuk mengajak para masyarakat terutama ibu-ibu untuk memberikan anak makanan sehat dengan konsumsi ikan. Ikan memiliki protein tinggi sehingga dapat membantu mencegah stunting. Pencegahan stunting dapat dilakukan mulai dari bayi hingga dewasa. Bayi membutuhan asupan gizi yang cukup, salah satunya dengan MPASI (Makanan Pendamping ASI). MPASI bayi dapat dimulai dari bayi umur 6 bulan. 

Program tersebut dilakukan dalam bentuk sosialisasi dan pelatihan pembuatan MPASI ikan kembung sebagai protein hewani. Ikan kembung juga menjadi sumber protein terbaik yang dapat membantu mencegah stunting pada anak. Selain protein, ikan kembung juga mengandung asam lemak omega-3. Asam lemak ini penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf. Asam lemak omega-3 juga dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan kesehatan mental. 

 
”Disini kesulitan untuk membeli ikan salmon, jadi kami sangat berterima kasih karena adanya sosialisasi mbak KKN dalam pembuatan MPASI dengan mengonsumsi ikan kembung sebagai alternatif pengganti ikan salmon” ujar mbak Rizki selaku pengurus posyandu Dukuh Losari Desa Botolambat.

Dengan adanya program ini diharapkan, ibu-ibu dapat menerapkannya sehingga dapat mengurangi permasalahan stunting Desa Botolambat.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..