Indah dan Nyaman!! Kolaborasi Program Kerja Mahasiswa KKN Undip dan Tim TPS 3R dalam Permasalahan Pengelolaan Sampah di Desa Pacar - Comedy, Indie and Creativity

Minggu, 11 Agustus 2024

Indah dan Nyaman!! Kolaborasi Program Kerja Mahasiswa KKN Undip dan Tim TPS 3R dalam Permasalahan Pengelolaan Sampah di Desa Pacar

 


Pekalongan, 11 Agustus 2024 Mahasiswa FPIK Undip

Loetju.id - Pacar, Pekalongan (11/08/24) – Mahasiswa FPIK Undip Ira Cindy Dwi Cahya kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan melaksanakan sosialisasi edukatif tentang Standart Operasional Prosedur (SOP) pemilahan sampah di Desa Pacar. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan benar.

Sistem bank sampah (TPS 3R)  di Desa Pacar menghadapi permasalahan serta tantangan dalam pelaksanaan pengelolaan karena minimnya partisipasi dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sampah. Sebanyak sembilan mahasiswa UNDIP menggelar sosialisasi pengelolaan dan penggunaan bank sampah dalam rangka mewujudkan desa Pacar “Indah dan Nyaman”. 

Dalam edukasi yang berlangsung, mahasiswa KKN memberikan pemahaman kepada tim pengelolaan sampah yang diketuai oleh Pak Bejo dan masyarakat sekitar tentang jenis-jenis sampah, cara memilah sampah dengan benar dan manfaat dari SOP pemilahan sampah. Selain itu, mahasiswa KKN juga membagikan poster yang berisi informasi mengenai SOP pemilahan sampah.

Ira Cindy mengatakan, "Pemilahan sampah merupakan langkah awal dalam pengelolaan sampah yang berkelanjutan. Dengan memilah sampah, kita dapat mengurangi volume sampah yang berakhir di tempat pembuangan akhir (TPA) dan meningkatkan nilai ekonomis dari sampah yang dapat didaur ulang."
 

Dalam sosialisasi edukatif ini, saya juga mengajak masyarakat untuk membuat komitmen bersama untuk menerapkan SOP pemilahan sampah dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat diajak untuk menyediakan tempat sampah yang berbeda untuk setiap jenis sampah, seperti sampah organik, anorganik, dan sampah berbahaya.

Bu Ida selaku warga setempat yang mengikuti sosialisasi edukatif dengan metode door to door mengaku sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini. "Saya baru tahu kalau memilah sampah itu penting. Saya akan mencoba untuk menerapkan SOP pemilahan sampah di rumah saya," ujarnya.

Sebagai tindak lanjut dari sosialisasi, mahasiswa KKN juga membantu masyarakat dalam membuat bank sampah mini di lingkungan masing-masing. Bank sampah mini ini diharapkan dapat menjadi pusat pengumpulan sampah yang sudah dipilah dan dapat dikelola lebih lanjut.

Keberhasilan sosialisasi SOP pemilahan sampah ini tidak lepas dari dukungan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah desa, tokoh masyarakat, dan seluruh warga Desa Pacar. Mahasiswa KKN berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh.  



Penulis: 
Ira Cindy Dwi Cahya

DPL: 
Nenik Woyanti S.E., M.S.i.

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..