Inovasi Pertanian Urban: Implementasi Budidaya Ikan dan Tanaman dalam Ember di Lingkungan Desa Trosobo - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 22 Agustus 2024

Inovasi Pertanian Urban: Implementasi Budidaya Ikan dan Tanaman dalam Ember di Lingkungan Desa Trosobo

 


Loetju.id - Program Multidisiplin yang berjudul  “Inovasi Pertanian Urban: Implementasi Budidaya Ikan dan Tanaman dalam Ember di Lingkungan Desa Trosobo” yang disampaikan oleh Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Semarang. Program ini dilaksanakan di Halaman Rumah Warga Dusun Trosobo pada hari Minggu, 11 Agustus 2024 pukul 16.00WIB. Pelatiham Budidaya Ikan dan Tanaman di dalam ember ini di ikuti oleh Para Ketua Gapoktan. Pelatihan ini di lakukan oleh para mahasiswa dari berbagai jurusan yaitu Adelia Early (Sastra Indonesia), Alkyla Suryaning Panatayudha (Peternakan), Eka Berlian Amanda Setya Agitha (Keperawatan), Ervan Cahya Putra (Informasi dan Humas), Nabila Aulia Rizqi (Psikologi), R Rafli Angga Kurniawan (Agribisnis), Wina Nur Fauziah (Manajemen).

Didalam program ini berjuan untuk mengedukasi masyarakat desa tentang bagaimana cara membudidayakan ikan dan tanaman secara bersamaan di dalam satu ember. Inovasi ini memanfaatkan teknologi yang sangat sederhana dan juga tidak memperlukan lahan yang luas namun mampu menghasilkan ikan dan sayuran segar. Budikdamber menjadi solusi pertanian yang hemat tempat dan ramah lingkungan.

Tingginya kebutuhan akan pangan di wilayah Desa Trosobo dan juga keterbatasan lahan menjadi alas an utama di balik program ini. Selain itu juga para mahasiswa ingin memberdayakan masyarakat Desa Trosobo dengan pengetahuan dan juga keterampilan yang baru dan dapat meningkatkan kemandirian pangan masyarakat Desa Trosobo masing – masing. 

Implementasi Budikdamber dilakukan dengan menggunakan ember-ember berukuran 80 liter yang diisi dengan air, benih ikan lele, dan tanaman kangkung yang ditanam di bagian atas ember menggunakan media tanam sederhana. Air dari budidaya ikan akan menyuplai nutrisi bagi tanaman, sementara tanaman membantu menjaga kualitas air untuk ikan. Dan Mahasiswa juga memberikan bimbingan langsung kepada warga desa tentang cara merawat ikan dan juga tanaman, serta memantau perkembangan hasil budidaya.

Program ini mendapat respon positif dari masyarakat Desa Trosobo. Banyak warga yang antusias mempelajari teknik baru ini dan berharap dapat menerapkannya dalam skala yang lebih besar. Dengan inovasi ini, mahasiswa UNDIP berharap dapat berkontribusi nyata dalam mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.



Penulis : 
Adelia Early, Alkyla Suryaning Panatayudha, Eka Berlian Amanda Setya Agitha, Ervan Cahya Putra, Nabila Aulia Rizqi, R Rafli Angga Kurniawan, Wina Nur Fauziah.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) : 
Reny Wiyatasari, S.S., M.Hum. dan Dr. Darjat,S.T.,M.T

Lokasi : 
Desa Trosobo, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..