Integrasi Digital! Mahasiswa Tim II KKN Undip Manfaatkan Link Bio Instagram Untuk Informasi, Pelayanan dan Pengaduan - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Agustus 2024

Integrasi Digital! Mahasiswa Tim II KKN Undip Manfaatkan Link Bio Instagram Untuk Informasi, Pelayanan dan Pengaduan

  
Gambar 1. Penyerahan Program Kerja 
“Integrasi Digital sebagai pusat informasi, aduan dan pelayanan" 


Loetju.id -   Sebagai bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro, Tim II KKN Undip Tahun 2024 memanfaatkan lynk.id sebagai bentuk integrasi media sosial di aplikasi Instagram sebagai bentuk informasi, aduan dan pelayanan. Program Kerja tersebut dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2024 tepatnya di Kantor Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Mahasiswi bekerja sama dengan tim IT Pemerintahan Kelurahan Gilingan  untuk merancang dan mengimplementasikan sistem manajemen digital dan terintegrasi. Tujuan utamanya adalah untuk menghimpun media sosial penting yang sebelumnya terpisah, sehingga memungkinkan masyarakat untuk mengakses informasi dengan lebih mudah dan cepat.

Dengan fokus pada integrasi data dan pelayanan publik, proker ini bertujuan untuk membantu Pemerintahan Kelurahan Gilingan dalam menghadapi tantangan digitalisasi dan pengelolaan media sosial yang semakin kompleks. Integrasi media sosial fokus pada peningkatan kualitas pelayanan publik. E-Government dan inovasi pelayanan publik memungkinkan penyediaan layanan yang lebih cepat, mudah diakses, dan lebih esponsive terhadap kebutuhan masyarakat. Dengan memanfaatkan teknologi, pemerintah dapat memberikan solusi yang lebih inovatif dan memenuhi harapan masyarakat. Dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang lebih efisien, terbuka, dan esponsive di era digital, perlu memainkan peran penting dalam mengarahkan pemanfaatan teknologi dan inovasi pelayanan publik yang sesuai dengan prinsip-prinsip pelayanan publik yang baik. 

Tahap awal proker ini telah berlangsung sukses. Mahasiswi telah berhasil mengidentifikasi sumber daya yang dibutuhkan, melengkapi dan menghimpun media sosial Kelurahan Gilingan. Namun, tantangan-tantangan seperti keamanan data dan pelatihan pegawai dalam menggunakan sistem baru masih harus diatasi dalam perjalanan proker ini. Integrasi media sosial dibuat dengan website lynk.id yang dapat diakses di Instagram resmi Kelurahan Gilingan (@kelurahan_gilingan), klik tautan link dan dapat diakses beberapa informasi dan media sosial seperti profil, lokasi, website, WhatsApp, Instagram dan Youtube.
 

Gambar II. Tampilan lynk.id dan cara akses

Dengan pelaksanaan program KKN Monodisiplin ini, harapan untuk mewujudkan integrasi media sosial sebagai wadan informasi, aduan dan layanan yang efisien dan pelayanan publik yang lebih baik di Pemerintahan Kelurahan Gilingan semakin mendekati kenyataan. Langkah ini juga memberikan pelajaran berharga kepada para mahasiswi tentang kerja tim lintas disiplin dan kontribusi nyata mereka dalam meningkatkan kualitas hidup di masyarakat.



Penulis : 
Wanda Achlis Nuriya 
(Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - Ilmu Pemerintahan 2021)

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Prof. Dr. Ir. Siswanto Imam Santoso, M.P., 
dr. Dea Amarilisa Adespin, M.Kes, FISPH, FISCM., 
Dra. Retno Hestiningsih, M.Kes.

Lokasi : 
Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..