Kebudayaan Indonesia! Mahasiswa Tim II KKN Undip Mengenalkan Kebudayaan Topeng kepada Siswa-Siswi SMPN 02 Wiradesa - Comedy, Indie and Creativity

Minggu, 11 Agustus 2024

Kebudayaan Indonesia! Mahasiswa Tim II KKN Undip Mengenalkan Kebudayaan Topeng kepada Siswa-Siswi SMPN 02 Wiradesa


Dokumentasi bersama 
Anak-anak Kelas 8A SMPN 02 Wiradesa


Loetju.idPekalongan (22/07/2024) - Kebudayaan merupakan suatu hal yang melekat dalam kehidupan masyarakat dan tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Antropologi mendefinisikan kebudayaan sebagai hasil sebagai keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik dari manusia dengan belajar. Definisi tersebut mencakup berbagai aspek kehidupan manusia yang diwariskan dari generasi ke generasi, termasuk bahasa, seni, adat istiadat, moral, hukum, teknologi, dan segala kebiasaan serta kapabilitas lain yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat. Pengertian budaya dalam antropologi beragam dan multifaset, yakni mencerminkan keragaman pendekatan yang digunakan untuk memahami kompleksitas kehidupan manusia.

Dewasa ini, kebudayaan banyak dilupakan oleh  generasi muda. Globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat telah membawa perubahan signifikan dalam kehidupan sehari-hari. Modernisasi, dengan segala kemudahannya, seringkali membuat kita melupakan akar budaya yang kaya dan beragam. Padahal, kehadiran budaya sebagai bagian integral dari diri manusia dapat memperkaya identitas diri di masa kini dan masa depan yang kehadirannya dapat memberi makna dalam berbagai aspek kehidupan. 

Budaya bukan sekadar warisan dari generasi sebelumnya, tetapi juga fondasi yang membentuk cara kita berpikir, bertindak, dan berinteraksi dengan dunia di sekitar kita. Oleh sebab itu, untuk mereduksi hal tersebut, Adysa Destria Putri, mahasiswa KKN Undip yang berasal dari program studi Antropologi Sosial, melakukan pengajaran menyenangkan (fun learning) mengenai budaya topeng kepada siswa-siswi SMPN 02 Wiradesa. 

Pada program kerja ini, pertama-tama diberikan pemaparan materi tentang pengertian antropologi, yaitu studi tentang manusia yang melibatkan bagaimana manusia hidup, berpikir, dan berinteraksi dalam berbagai budaya dan lingkungan. Adapun pemaparan tentang definisi budaya, yakni hasil dari interaksi sosial dan merupakan cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh suatu masyarakat. 

Contohnya makanan, kepercayaan, bahasa, pakaian, nilai, norma dan lain sebagainya. Selanjutnya adalah pemaparan akan definisi dan fungsi topeng, yaitu secara definisi topeng merupakan suatu objek yang dikenakan di wajah untuk menutupi identitas atau menyampaikan makna tertentu. Terakhir, diberikan pula beberapa contoh topeng-topeng lokal lengkap dengan penjelasan di balik topeng tersebut. Beberapa fungsi topeng adalah untuk ritual dan upacara, ekspresi identitas dan status, simbolisme dan makna, kontrol sosial dan pengaturan sosial. Pada akhir program, mahasiswa bersama siswa-siswi SMP melakukan praktik pembuatan topeng mini dari bahan gypsum dengan cara dicetak. 

Proses Pengajaran kepada Anak-anak SMP
 tentang Budaya Topeng 

Tujuan dilakukannya program kerja ini adalah sebagai bentuk pelestarian budaya, pendidikan dan pengetahuan, dan pengembangan kreativitas. Kegiatan ini tidak hanya memperkaya pengetahuan budaya dan keterampilan teknis para siswa-siswi SMPN 02 Wiradesa, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat secara holistik.



Penulis: 
Adysa Destria Putri 

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Ni Kadek Dita Cahyani, S.Si, M.Si, Ph.D.

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..