Kenalkan Dunia Perkapalan, Mahasiswa KKN UNDIP Mengajarkan Moda Transportasi Laut Di Desa Kebondalem, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang - Comedy, Indie and Creativity

Minggu, 11 Agustus 2024

Kenalkan Dunia Perkapalan, Mahasiswa KKN UNDIP Mengajarkan Moda Transportasi Laut Di Desa Kebondalem, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang



Loetju.id - Batang, Indonesia, 11 Agustus 2024. Jenis moda transportasi sangat beragam mulai dari transportasi darat, udara hingga air. Indonesia yang memiliki luas lautan sebesar 2/3 dari wilayah Indonesia membuat masyarakat Indonesia tidak terlepas dari transportasi laut khususnya kapal. Jenis kapal yang digunakan masyarakat Indonesia sebagai transportasi juga bermacam-macam kegunaannya dari menangkap ikan, mengantar barang, sampai membawa penumpang antar pulau. Bagi masyarakat pesisir, pengetahuan tentang jenis kapal dan kegunaannya merupakan sebual hal yang lumrah di sisi lain, masyarakat yang tinggal tidak di pesisir masih belum memiliki pengetahuan yang memadai tentang alat transportasi tersebut.

Bertolak dari kondisi tersebut, mahasiswa KKN Tim II UNDIP Periode 2023/2024 Jurusan Teknik Perkapalan melakukan program monodisplin berupa edukasi tentang dunia perkapalan kepada anak-anak pelajar SMP di Desa Kebondalem, Kecamatan Gringsing. Kabupaten Batang. Meskipun lokasi KKN tidak terlalu jauh dari wilayah pesisir, namun ternyata masih banyak anak-anak di kelurahan tersebut belum paham tentang alat transportasi kapal.


Kegiatan edukasi dilakukan pada hari Minggu, 01/08/2024 di ruang kelas 8B SMPN 4 Gringsing yang dipimpin oleh salah satu mahasiswa bersama anggota tim KKN lainnya dan diikuti oleh sekitar 30 orang anak. Kegiatan ini diawali dengan perkenalan semua peserta yang hadir dan dilanjutkan pemaparan materi edukasi oleh mahasiswa KKN. 

Materi yang diajarkan terdiri dari dunia maritim dan perkapalan, jenis pekerjaan di dunia perkapalan, dan jenis-jenis kapal serta kegunannya. Edukasi yang berlangsung selama kurang lebih 30 menit berjalan dengan baik dan mendapatkan antusias yang cukup tinggi. Setelah melakukan pemaparan tentang materi, dilakukan sekilas review sejauh mana anak-anak telah memahami jenis kapal dan pentingnya alat transportasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Proses kegiatan tersebut kemudian ditutup dengan doa bersama dan sesi foto dengan para peserta. Kegiatan edukasi yang telah dilakukan diharapkan memberikan manfaat berupa ilmu baru pada anak-anak sehingga memiliki ketertarikan untuk mempelajari dunia perkapalan.
 


Penulis : 
Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Fathimah Kurniawati, S.E., M.Ec.Dev.

Desa Kebondalem, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang
KKN Universitas Diponegoro Tim II 2023/2024

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..