Kenalkan Ecobrick Sebagai Solusi Mengurangi Sampah Plastik Pada Anak TK - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Agustus 2024

Kenalkan Ecobrick Sebagai Solusi Mengurangi Sampah Plastik Pada Anak TK

 

Loetju.id - Surakarta, 29 Juli 2024 - Muchammad Bachtiar Maulana selaku Mahasiswa Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II 2023/2024 Universitas Diponegoro dari jurusan Teknik Sipil telah sukses melaksanakan kegiatan ”Edukasi Mengenai Sampah Sulit Terurai dan Pelatihan Pembuatan Ecobrick Menjadi Sebuah Produk Bermanfaat” pada anak-anak TK Berita Hidup, Kelurahan Mojosongo, Kota Surakarta.

Permasalahan sampah plastik selalu menjadi isu pencemaran lingkungan. Mahasiswa KKN Undip mengajak anak-anak TK Berita Hidup untuk sadar terhadap pencemaran sampah plastik dengan memanfaatkan sampah plastik menjadi sebuah prakarya bermanfaat.

Dalam kegiatan ini Mahasiswa KKN Undip memperkenalkan ecobrick kepada anak-anak TK Berita Hidup sebagai Upaya mengurangi sampah plastik agar lungkungan tetap terjaga baik. Serta juga mengajak anak-anak TK Berita Hidup membuat ecobrick.
 

Sesi praktik pembuatan ecobrick sendiri dilakukan dengan menyiapkan botol plastik kosong dan sampah plastik yang telah dicuci dengan bersih. Anak-anak TK dengan didampingi oleh Mahasiswa KKN Undip memasukkan sampah plastik kedalam botol plastik kosong hingga padat. Setelah terkumpul beberapa botol ecobrick yang telah padat, botol disusun menjadi sebuah pot bunga dan diisi dengan bunga Melati.

Bu Yuni, selaku Kepala Sekolah TK Berita Hidup mengungkapkan rasa bahagianya "Program ini membantu menambah kreatifitas anak-anak dengan membuat prakarya, serta meningkatkan kepedulian anak-anak terhadap kondisi lingkungan saat ini,”ujarnya.

Program KKN ini mendapat respon positif dari Kepala Sekolah dan guru TK Berita Hidup serta antusiasme dari anak-anak TK.  Dengan terlaksana nya program ini, Muchammad Bachtiar Maulana sebagai Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Diponegoro berharap dapat memberikan nilai positif bagi anak-anak TK Berita Hidup. 

"Saya berharap, melalui program ini, anak-anak mulai sadar terhadap kondisi lingkungan saat ini dan juga meningkatkan kreatifitas untuk memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang memiliki nilai guna bermanfaat," ujar Muchammad Bachtiar Maulana.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..