Kepatihan Kulon Asri Anti Banjir - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 22 Agustus 2024

Kepatihan Kulon Asri Anti Banjir



Loetju.idSurakarta (20/08/2024) - Bencana banjir dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Sistem drainase yang baik tidak menjadi jaminan suatu daerah dapat terhindar dari bencana banjir apabila tidak disertai dengan kesadaran masyarakat sekitar untuk menjaga lingkungan. Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan. Sebagai bagian dari suatu masyarakat, upaya paling mudah yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan dan mencegah banjir adalah membuang sampah pada tempatnya. Dengan melakukan pembuangan sampah pada tempatnya, kemungkinan penyumbatan drainase akan semakin kecil begitu pula dengan kemungkinan peluapan air sungai.

Membuang sampah pada tempatnya tanpa dipilah masih dapat beresiko mencemarkan udara karena sampah masih tercampur antara sampah organik, sampah anorganik, serta sampah B3. Selain itu, sampah yang tidak terpilah juga akan mempersulit proses pengelolaan sampah selanjutnya. Maka dari itu, akan lebih baik jika pembuangan sampah dilakukan secara terpilah.

Secara keseluruhan, Kelurahan Kepatihan Kulon, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta memiliki lingkungan yang bersih dan drainase yang baik. Namun, di beberapa titik masih terdapat sampah yang berserakan serta sampah hasil rumah tangga di wilayah ini masih belum terkelola dengan baik. Oleh karena itu, salah satu Mahasiswa Tim II Kuliah Kerja Nyata Universitas Diponegoro 2023/2024, Naufal Haidar Amiruddin berinisiatif untuk memberikan edukasi mengenai pencegahan bencana banjir dan pengelolaan sampah dengan melakukan pengadaan Tempat Sampah Terpilah agar wilayah tersebut menjadi wilayah yang asri dan aman dari bencana banjir.
 
 
Pemberian edukasi ini ditargetkan langsung pada warga setempat, khususnya ibu-ibu PKK sebagai pengelola sampah rumah tangga. Untuk menjaga keberlanjutan pengelolaan sampah rumah tangga ini, tidak lupa Ia juga menargetkan perangkat Kelurahan Kepatihan Kulon sebagai audience dengan tujuan agar perangkat Kelurahan setempat dapat menjadi pengawas dalam keberjalanan program ini. Dengan adanya sinergitas antara pihak perangkat Kelurahan dengan warga setempat, diharapkan kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan maksimal, serta berkelanjutan.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..