Keren! Mahasiswa KKN TIM II Undip Melakukan Optimalisasi Pembuatan Peta Administrasi Desa Tengeng Wetan Sebagai Media Informasi terkait Batas-Batas Dusun, serta fitur Geologi - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 29 Agustus 2024

Keren! Mahasiswa KKN TIM II Undip Melakukan Optimalisasi Pembuatan Peta Administrasi Desa Tengeng Wetan Sebagai Media Informasi terkait Batas-Batas Dusun, serta fitur Geologi




Loetju.id - Peta merupakan salah satu bentuk komunikasi tertua yang lebih dulu digunakan sebelum adanya tulisan atau teks, manusia menggunakan simbolsimbol, gambar, dan representasi visual lainnya untuk menggambarkan lingkungan sekitar mereka.

Peta administrasi pada dasarnya merupakan suatu data teknis dalam suatu kelurahan/desa yang sangat diperlukan untuk mengetahui letak dan batas suatu wilayah Peta administrasi juga memuat sarana seperti jalan, batas dusun, batas RW dan RT dan lain-lain. Desa Tengengwetan merupakan salah satu desa di Kecamatan Siwalan Kabupaten Pekalongan dengan luas 3,03 km2 dan jumlah penduduk sebesar 5.690 jiwa. Desa Tengengwetan ini termasuk desa yang luas dibandingkan dengan desa lain di Kecamatan Siwalan. 

Desa Tengengwetan ini terbagi menjadi 9 Dukuh yaitu Dukuh Tengeng, Dukuh Silumbu, Dukuh Kendayaan, Dukuh Buntu, Dukuh Gandu Kidul, Dukuh Gandu Gempol, Dukuh Gandu Lor, Dukung Cangkring Wetan, dan Dukuh Cangkring Kulon. Dari kesembilan dukuh tersebut, letaknya terbagi menjadi dua yaitu yang letaknya di utara rel kereta api dan selatan rel kereta api.

Pembuatan Peta Adminitrasi ini dilakukan karna belum memiliki peta administrasi yang lengkap dan sudah lama belum diperbarui. Updating peta sangatlah penting terutama dalam pembaharuan serta pembuatan Peta Administrasu dalam skala Kawasan desa. Proses pembuatan peta administrasi desa diawali dengan survey jalan dan batas-batas dusun yang ada di Desa Tengeng Wetan. Kemudian, dilanjutkan pengumpulan data dasar yang telah ada seperti Shapefile data serta pembuatan file KMZ dan KML dengan melakukan digitasi dari Google Earth baik dari browser maupun aplikasi, selanjutnya dilakukan proses layering pada peta daerah Desa Tengeng Wetan menggunakan software ARCGIS 10.3.1. Setelah itu dilakukan proses editing layout peta untuk membuat dan mengedit elemen-elemen dalam peta seperti judul peta, legenda, arah mata angin, skala, garis lintang dan garis bujur. Peta Administrasi dicetak dengan ukuran kertas HVS 59,4 x 84,1 cm. 
 
Hasil Peta yang telah dibuat memuat berbagai informasi yaitu : Batas Desa, Batas Dusun, Jalan, dan Sungai. Penyerahan Peta dilakukan pada tanggal 13 Agustus 2024 yang bertempat di Balai Desa Tengeng Wetan yang diwakilkan dengan Pak Haryatno selaku Sekretaris Desa Tengeng Wetan,. “Saya Ucapkan Terimakasih banyak atas mas mba Perangkat Desa serta teman-teman KKN Undip yang telah membantu Pembuatan Peta ini.”



Penulis : 
‘Afiifah Nur Kamiliya
 
Dosen Pembimbing : 
Ichlasul Ayyub, S.S., M.Si
 
Lokasi : 
Desa Tengeng Wetan, 
Kecamatan Siwalan, Kabupaten Pekalongan.

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..