Keren! Mahasiswa KKN UNDIP Ciptakan E-Desa: Digitalisasi Layanan Administrasi Desa melalui Linktree di Desa Botolambat untuk Meningkatkan Efisiensi dan Kemudahan dalam Pelayanan - Comedy, Indie and Creativity

Sabtu, 10 Agustus 2024

Keren! Mahasiswa KKN UNDIP Ciptakan E-Desa: Digitalisasi Layanan Administrasi Desa melalui Linktree di Desa Botolambat untuk Meningkatkan Efisiensi dan Kemudahan dalam Pelayanan

 


Loetju.id - Batang, Indonesia -18 Juli 2024. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Diponegoro (UNDIP) telah menciptakan inovasi baru yang membawa kemudahan bagi warga Desa Botolambat, Kec. Kandeman, Kab. Batang dengan meluncurkan sistem E-Desa. Sistem ini mendigitalisasi berbagai layanan administrasi desa, sehingga warga dapat mengaksesnya secara online. Dengan menggunakan platform Linktree, E-Desa memungkinkan warga untuk dengan mudah menemukan dan mengakses layanan administrasi seperti pengurusan surat keterangan dan akses informasi penting lainnya.

Program E-Desa ini diluncurkan untuk mengatasi tantangan yang selama ini dihadapi warga dalam mengurus administrasi desa, yang sering kali memerlukan kehadiran fisik dan memakan waktu. Dengan digitalisasi ini, proses administrasi menjadi lebih cepat, transparan, dan dapat diakses kapan saja dan di mana saja, memberikan kemudahan yang signifikan bagi warga. Proyek ini tidak hanya memfasilitasi warga dalam mendapatkan layanan, tetapi juga meningkatkan efisiensi kerja perangkat desa, yang kini dapat mengelola data dan layanan dengan lebih terstruktur dan mudah diakses.

Inisiatif ini dilakukan oleh mahasiswa KKN UNDIP yang bekerja sama dengan perangkat desa untuk memastikan sistem berjalan dengan baik. Mereka juga melaksanakan sosialisasi dan pelatihan bagi masyarakat serta perangkat desa. Sosialisasi ini meliputi demonstrasi penggunaan sistem, penjelasan tentang berbagai layanan yang tersedia, dan cara mengaksesnya melalui Linktree. Pelatihan tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa semua pihak, termasuk warga yang kurang familiar dengan teknologi, dapat memanfaatkan sistem ini secara efektif.


Perangkat Desa Botolambat, Bapak Ali Baki, menyambut baik langkah inovatif ini dan menekankan pentingnya modernisasi dalam pelayanan publik. "E-Desa ini sangat membantu warga dan perangkat desa. Dengan adanya digitalisasi ini, kami dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat, transparan, dan terjangkau. Saya berharap ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik," ujarnya.

Inovasi E-Desa ini juga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi warga dalam kegiatan desa dan memperkuat transparansi pemerintahan desa. Dengan kemudahan akses informasi dan layanan yang lebih baik, warga diharapkan mudah mengurus kebutuhan administrasi mereka. Melalui sistem ini, mahasiswa KKN UNDIP menunjukkan kontribusi nyata mereka dalam membantu masyarakat dan pemerintahan desa menuju era digital yang lebih efisien dan inklusif.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..