Keren!!! Mahasiswi kelautan UNDIP Memberikan Tata Cara Pemantauan Kualitas Parameter Perairan Kolam Budidaya Ikan Desa Pacar - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Agustus 2024

Keren!!! Mahasiswi kelautan UNDIP Memberikan Tata Cara Pemantauan Kualitas Parameter Perairan Kolam Budidaya Ikan Desa Pacar

Pemaparan dalam Pemantauan Parameter Perairan Budidaya Ikan Nila
dan Tata Cara Penggunaan Alat Ukur Parameter Air DO Meter (Dissolved Oxygen Meter)


Loetju.idMahasiswi KKN Universitas Diponegoro (UNDIP) tahun ajaran 2021 dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) prodi Ilmu Kelautan telah melaksanakan program kerjanya. Pada tanggal 10 Agustus 2024 tepatnya hari Sabtu, Mahasiswi bernama Natasya Sayyidina Nareshwari, bidang Ilmu Kelautan dengan program kerja keilmuannya berupa Pemantauan Parameter Perairan Budidaya Ikan Nila. Pemantauan yang dilakukan bersama dengan Kelompok Budidaya Ikan LAMBADA Desa Pacar meliputi pemantauan parameter perairan kolam budidaya seperti pH meter, suhu dan tingkat kekeruhan air pada kolam budidaya ikan nila. Parameter perairan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil ikan yang akan dipanen.

Program kerja yang dilakukan oleh Natasya Sayyidina Nareshwari tersebut, bertujuan sebagai pemantauan kualitas perairan budidaya ikan air tawar dan berfokus pada ikan nila. Kualitas perairan yang diperhatikan berupa parameter meliputi pH meter, Oksigen terlarut/Dissolved Oxygen dan suhu perairan kolam budidaya. Pemantauan parameter yang dilakukan oleh kelompok budidaya ikan LAMBADA masih menggunakan pengukuran manual dan belum melakukan pemantauan kandungan oksigen terlarut pada kolam budidaya. 

Kelompok budidaya ikan LAMBADA memiliki cara dalam pemantauan kandungan oksigen dengan ilmu titen atau memperhatikan, dalam artian memantau kebiasaan ikan yang apabila sering muncul pada permukaan maka kandungan oksigen terlarut dalam air sangat tipis.

Bapak Irawan selaku ketua dari kelompok budidaya ikan LAMBADA menyampaikan bahwa “selama ini kami melakukan pemantauan kualitas air dengan menggunakan alat yang ada saja mbak, seperti kertas lakmus buat mengukur pH air kolam, tapi kalau buat mantau kandungan oksigen terlarut kami pakainya ilmu titen mbak, selama ikan tidak ada yang muncul ke permukaan berarti kandungan oksigen didalam air masih aman tapi kalau ikan sudah pada muncul ke permukaan berarti oksigennya tipis”.

Penempelan Poster Mengenai Pemantauan Parameter Perairan Budidaya Ikan Nila 
dan Tata Cara Penggunaan Alat Ukur Parameter Air DO Meter (Dissolved Oxygen Meter)


Pengukuran dan pemantauan kualitas perairan berguna untuk meningkatkan hasil budidaya ikan yang unggulan. Parameter yang baik akan menghasilkan panen yang berkualitas dengan daging serta ukuran yang lebih besar. Pada pemantauan kandungan oksigen terlarut dapat menggunakan alat digital berupa DO Meter (Dissolved Oxygen Meter). Alat ini dapat merangkap kalibrasi meliputi pH meter, Dissolved Oxygen Meter, suhu dan beberapa parameter perairan lainnya.



Penulis: 
Natasya Sayyidina Nareshwari

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..