Keren Parah!!! Mahasiswi Kelautan UNDIP Memberikan Penyuluhan Terhadap Pengelolaan Sampah Berdasarkan Standar 3R Reduce, Reuse, Recycle - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Agustus 2024

Keren Parah!!! Mahasiswi Kelautan UNDIP Memberikan Penyuluhan Terhadap Pengelolaan Sampah Berdasarkan Standar 3R Reduce, Reuse, Recycle

 
Penempelan poster 3R di area bank sampah


Loetju.idMahasiswi KKN Universitas Diponegoro (UNDIP) tahun ajaran 2021 dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) prodi Ilmu Kelautan telah melaksanakan program kerjanya. Pada tanggal 12 Agustus 2024 tepatnya hari Senin, Mahasiswi bernama Natasya Sayyidina Nareshwari, bidang Ilmu Kelautan dengan program kerja berupa Penyuluhan kepada masyarakat mengenai pemilahan sampah berdasarkan standar pengolahan sampah 3R untuk memperhatikan lingkungan sekitar.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah yang berkelanjutan, penyuluhan mengenai standar pengelolaan sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) telah dilaksanakan secara door to door di Desa Pacar, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan. Kegiatan ini diterima dengan antusias oleh masyarakat untuk mempelajari tentang beberapa cara efektif dalam mengurangi dampak sampah terhadap lingkungan sekitar.

Penyuluhan ini dilakukan oleh Mahasiswi Tim II KKN UNDIP mengenai pentingnya menjaga lingkungan sekitar dengan memperhatikan pengelolaan sampah berdasarkan prinsip 3R “Sampah yang telah digunakan oleh masyarakat tidak seharusnya dijadikan satu dengan sampah lainnya, tetapi sampah juga perlu dipilah dan diminimalisir dalam penggunaannya” sampaian dari Natasya selaku mahasiswi KKN yang menjalankan program tersebut.

Materi penyuluhan dimulai dengan penjelasan mengenai konsep dasar 3R. Warga dijelaskan mengenai arti Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali) dan Recycle (mendaur ulang). 
Pemberian penyuluhan kepada warga 
agar memahami standar pengelolaan sampah berdasarkan 3R

Penyuluhan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat di kawasan Desa Pacar dan sekitarnya. Dengan penerapan standar pengelolaan sampah 3R secara konsisten, diharapkan masyarakat semakin peduli terhadap kelestarian lingkungan sekitar.

Bebas sampah dengan penggunaan ulang sampah demi menciptakan desa yang idaman, indah dan nyaman.



Penulis: 
Natasya Sayyidina Nareshwari

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..