KKN UNDIP Berikan Solusi Cerdas: MPASI Ikan Nila Tingkatkan Kesehatan Balita - Comedy, Indie and Creativity

Sabtu, 10 Agustus 2024

KKN UNDIP Berikan Solusi Cerdas: MPASI Ikan Nila Tingkatkan Kesehatan Balita

 


Loetju.id - Pekalongan (27/07/2024). MPASI atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu merupakan makanan bergizi yang diberikan kepada bayi setelah berusia 6 bulan sebagai tambahan nutrisi selain ASI. Masalah pemenuhan kebutuhan gizi, terutama protein pada balita masih menjadi tantangan di Desa Kedungjaran, Sragi, Pekalongan. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pemahaman orang tua tentang pentignya protein dalam perkembangan dan pertumbuhan anak. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh mahasiswa Perikanan Tangkap Universitas Diponegoro Ayu Abdullah Karunia Rakhmah kali ini membawa kabar baik bagi para orang tua di Desa Kedungjaran. 

Tim II Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro 2023/2024 mengadakan pelatihan pembuatan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) berbahan dasar ikan nila. Melalui kegiatan pembuatan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) berbahan dasar ikan nila, mahasiswa KKN melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan gizi balita di desa tersebut. Ikan nila dipilih sebagai bahan utama karena kaya akan protein dan mudah ditemukan. Selain itu, ikan nila mengandung nutrisi penting seperti asam lemak, omega-3, vitamin dan mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan anak. 
 

Pelatihan ini diadakan pada hari Sabtu, 27 Juli 2024 di Balai Desa Kedungjaran. Mahasiswa KKN mengadakan pelatihan pembuatan MPASI berbahan dasar ikan nila kepada para ibu PKK di Desa Kedungjaran. Pelatihan ini meliputi penjelasan mengenai pentingnya protein bagi balita, cara memilih dan mengolah ikan nila yang baik dan benar, serta resep MPASI yang mudah dibuat di rumah. 

Program ini mendapat respons positif dari para ibu di Desa Kedungjaran. Dengan program ini, diharapkan angka kekurangan gizi pada balita di Desa Kedungjaran dapat menurun dan kesehatan serta perkembangan anak-anak di desa tersebut meningkat.



Penulis:
Ayu Abdullah Karunia Rakhmah


Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..