Kreatif! Mahasiswa KKN Undip Olah Minyak Jelantah Jadi Lilin Aromaterapi Ramah Lingkungan Bernilai Tinggi - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Agustus 2024

Kreatif! Mahasiswa KKN Undip Olah Minyak Jelantah Jadi Lilin Aromaterapi Ramah Lingkungan Bernilai Tinggi

 


Loetju.id - Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta (30/07/2024), Minyak jelantah merupakan limbah dari berbagai jenis minyak goreng yang sudah digunakan berkali-kali. Penggunaan minyak goreng berulang mengakibatkan kerusakan minyak karena lemak tidak jenuh teroksidasi membentuk senyawa peroksida yang menyebabkan penurunan mutu dan nilai gizi sehingga tidak baik bagi kesehatan. Selain itu, pembuangan jelantah di lingkungan dapat menyebabkan pencemaran lingkungan jika dilakukan secara terus menerus.


Untuk menanggapi masalah tersebut, mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro melakukan upaya untuk menanggulangi masalah tersebut dengan memanfaatkan minyak jelantah menjadi produk yang tepat guna salah satunya mengolah minyak jelantah menjadi produk lilin aromaterapi.


Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat lilin aromaterapi dari minyak jelantah antara lain minyak jelantah, parafin, arang kayu, esensial oil, dan pewarna khusus lilin atau krayon. Alat-alat yang digunakan juga cukup sederhana, yaitu peralatan dapur seperti panci, sendok, cetakan lilin, sumbu lilin atau benang kasur, dan penyangga sumbu.


Selama kegiatan berlangsung, tim mahasiswa KKN memperkenalkan proses daur ulang minyak jelantah, yang selama ini sering kali dianggap sebagai limbah tak berguna. Kami menjelaskan bahwa minyak jelantah dapat diubah menjadi lilin aromaterapi yang ramah lingkungan dan memiliki potensi sebagai produk usaha kreatif. Langkah-langkah pembuatan lilin aromaterapi dijelaskan secara rinci oleh tim mahasiswa, mulai dari tahap penyaringan minyak jelantah, pencampuran bahan, hingga proses pencetakan dan pemberian aroma.


Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan limbah rumah tangga serta upaya untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan pembuangan minyak jelantah secara sembarangan. Selain itu, dari pengolahan limbah ini dapat dijadikan peluang usaha yang dapat membantu meningkatkan perekonomian warga setempat.


Melalui penyuluhan ini, diharapkan masyarakat dapat mengubah pandangan akan pentingnya pengolahan limbah rumah tangga terutama minyak jelantah secara bija. Selain itu, diharapkan masyarakat terus berinovasi untuk mengolah lombah rumah tangga menjadi suatu produk yang memiliki nilai guna.



Penulis : 
Maria Christi Della W. 
(Fakultas Sains dan Matematika- S1 Kimia)

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Prof. Dr. Ir. Siswanto Imam Santoso, M.P. , 
dr Dea Amarilisa Adespin, M.Kes, FISPH, FISCM, 
Dra Retno Hestiningsih, M.Kes

Lokasi : 
Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..