Kreativitas Hijau: Bagaimana Anak Sekolah Mengubah Sampah Menjadi Ecobrick - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 14 Agustus 2024

Kreativitas Hijau: Bagaimana Anak Sekolah Mengubah Sampah Menjadi Ecobrick




Loetju.id Sampah plastik masih menjadi permasalahan yang belum terselesaikan dalam pengelolaannya. Jika sampah plastik tidak terkelola dengan baik maka dapat menyebabkan kerusakan alam. Pada tanggal Selasa, 6 Agustus 2024 telah dilaksanakan program kerja “Pembuatan Ecobrick” ke anak-anak kelas 7 di SMPN 1 Mondokan tentang pengelolaan sampah plastik sebagai peningkatan kesadaran sejak dini untuk menjaga lingkungan yang diberikan oleh Vania Rahma Ardana, mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro.

Adanya program kerja dalam pembuatan ecobrick ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah plastik dapat meningkat serta pembuatan ecobrick ini selain sebagai gerakan mengurangi sampah plastik juga turut serta memilah sampah plastik dari jenis sampah lainnya.


Plastik merupakan sebuah material yang sulit terurai dan termasuk bahan recycle/ bahan daur ulang dengan banyak cara pengolahannya. Ecobrick merupakan salah satu pengelolaan sampah plastik yang praktis dan inovatif guna mengurangi jumlah sampah plastik yang dihasilkan. Langkah pembuatan ecobrick yang pertama yaitu dengan memilah sampah plastik dari jenis sampah lainnya yang kemudian dipotong menjadi potongan-potongan kecil, setelah itu dimasukan ke dalam botol plastik lalu dipadatkan dan dari kumpulan beberapa botol ecobrick yang dihasilkan tersebut dapat dijadikan sebuah benda yang berguna misalnya kursi.

Adapun hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan ecobrick yaitu sampah plastik yang digunakan untuk mengisi botol, pastikan dalam keadaan kering dan bersih dari kotoran, sampah plastik yang dimasukkan kedalam botol secukupnya, artinya tidak kurang dan tidak lebih hingga sulit untuk ditutup kembali botolnya. Produk atau benda yang dihasilkan dari ecobrick ini dapat bertahan lama, tergantung dari jenis sampah plastik yang digunakan.  

Dengan adanya pelatihan pembuatan ecobrick diharapkan anak-anak dapat teredukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan serta sebagai langkah dini untuk membangun masa depan yang berkelanjutan.



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..