Kurangi Pembuangan Limbah Cair Tahu ke Sungai! Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Berikan Edukasi Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Limbah Cair Tahu pada UMKM Tahu Desa Ngadipiro - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 22 Agustus 2024

Kurangi Pembuangan Limbah Cair Tahu ke Sungai! Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Berikan Edukasi Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Limbah Cair Tahu pada UMKM Tahu Desa Ngadipiro




Loetju.idNgadipiro, 29 Juli 2024 - Desa Ngadipiro, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Wonogiri, dikenal sebagai sentra produksi tahu dengan banyaknya UMKM yang mengolah tahu menjadi berbagai produk, seperti tahu coklat dan tahu bakso. Namun, seiring dengan meningkatnya produksi, limbah yang dihasilkan juga bertambah, khususnya limbah cair tahu. Limbah ini kerap kali dibuang langsung ke sungai, menimbulkan masalah lingkungan seperti bau tidak sedap dan eutrofikasi atau peningkatan kadar mineral dan nutrisi yang menyebabkan ketidakseimbangan ekosistem perairan.

Menanggapi masalah tersebut, mahasiswa KKN TIM II UNDIP dari jurusan Kimia melaksanakan program edukasi dan pelatihan pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari limbah cair tahu. Program ini dilaksanakan pada tanggal 29 Juli 2024, bertempat di kediaman salah satu pelaku UMKM tahu di Desa Ngadipiro.

Program ini bertujuan untuk mengedukasi para pelaku UMKM tahu mengenai pentingnya mengurangi pencemaran limbah cair tahu dengan cara mengolahnya menjadi Pupuk Organik Cair (POC) yang bermanfaat bagi tanaman. Pelatihan ini diawali dengan survei terhadap cara pengolahan limbah cair tahu yang selama ini dilakukan oleh para pelaku UMKM di desa tersebut. Setelah mendapatkan gambaran, mahasiswa KKN TIM II UNDIP menyesuaikan jadwal pelatihan dengan waktu luang para pelaku UMKM.

Pada hari pelaksanaan, mahasiswa memberikan penjelasan mengenai dampak buruk pembuangan limbah cair tahu ke sungai dan pentingnya pengelolaan limbah yang baik. Selanjutnya, para pelaku UMKM diberi penjelasan mengenai proses pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dari limbah cair tahu dan manfaatnya untuk tanaman. Setelah penjelasan teori, dilakukan demonstrasi pembuatan POC yang diikuti dengan antusias oleh peserta.

Sebagai penutup, mahasiswa KKN TIM II UNDIP menyerahkan Pupuk Organik Cair (POC) hasil demonstrasi beserta brosur panduan pembuatan kepada pelaku UMKM tahu. Diharapkan, keterampilan baru ini dapat membantu mereka mengurangi pencemaran lingkungan sekaligus memberikan manfaat tambahan, baik untuk kebutuhan pribadi maupun sebagai peluang usaha baru.

Dengan adanya program ini, diharapkan limbah cair tahu yang sebelumnya menjadi permasalahan lingkungan dapat diolah menjadi produk yang bermanfaat, sehingga turut serta menjaga kelestarian lingkungan Desa Ngadipiro.




Penulis : 
Nasywa Febriantyana Khoirunnisa Zein

Prodi : 
S-1 Kimia

DPL  : 
Yudhy Dharmawan., S.KM., M.Kes. Ph.D
Rifki Adhi Prasetyo, S.E., M.Ak
Teysar Adi Sarjana, S.Pt., M.Si.

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..