Langkah Cerdas! Mahasiswa KKN UNDIP TIM II Ajarkan Cara Praktis Membuat Probiotik Pakan Ikan Lele untuk Optimalkan Pertumbuhan Ikan Lele - Comedy, Indie and Creativity

Minggu, 11 Agustus 2024

Langkah Cerdas! Mahasiswa KKN UNDIP TIM II Ajarkan Cara Praktis Membuat Probiotik Pakan Ikan Lele untuk Optimalkan Pertumbuhan Ikan Lele

(Penyerahan prototype probiotik ikan lele 
oleh mahasiswa KKN UNDIP TIM II 2023/2024 
kepada pembudidaya ikan lele)

Loetju.id - Desa Pojok (21/07/2024). Mahasiswa KKN UNDIP TIM II, Desa Pojok, Kecamatan Tawangsari, Kabupaten Sukoharjo pada minggu kedua melaksanakan program kerja monodisiplin mengenai cara pembuatan probiotik pada pakan ikan lele. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan pembudidaya ikan lele yang tergabung dalam Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) Desa Pojok. Pelatihan pembuatan probiotik ikan lele telah terlaksana pada tanggal 21 Juli 2024 di Pembenihan Ikan Lele, Desa Pojok. 

Pelatihan pembuatan probiotik ikan lele ini dilakukan mengingat pentingnya nutrisi untuk ikan lele. Pakan ikan merupakan salah satu aspek krusial dalam budidaya perikanan yang menjadi faktor penentu keberhasilan suatu usaha perikanan. Seiring dengan perkembangan industri akuakultur, pakan ikan telah mengalami berbagai inovasi untuk meningkatkan efisiensi dan kesehatan pada ikan. Komposisi pakan yang ideal mencakup protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang seimbang, serta memenuhi spesifikasi kebutuhan spesifik dari jenis ikan yang dibudidayakan. Misalnya, ikan lele, yang merupakan salah satu ikan konsumsi yang populer di banyak negara, memerlukan pakan dengan kandungan protein tinggi untuk mendukung pertumbuhan cepat dan kesehatan yang optimal. 

Pembuatan pakan ikan tidak hanya berhenti pada pencampuran bahan-bahan dasar. Inovasi terbaru seperti penambahan probiotik telah membawa perubahan signifikan, maka dari itu, Mahasiswa Akuakultur, Nabila Putri Permata Sari mengajarkan cara pembuatan probiotik secara sederhana dan praktis. Probiotik dalam pakan ikan lele merupakan inovasi yang signifikan untuk meningkatkan kesehatan dan produktivitas ikan lele. 

Probiotik, yang terdiri dari mikroorganisme hidup seperti bakteri dan ragi, ketika ditambahkan ke dalam pakan ikan lele, dapat memberikan sejumlah manfaat penting, diantaranya adalah meningkatkan imunitas tubuh ikan, menekan biaya produksi, mengoptimalkan pertumbuhan ikan. 

Bahan yang digunakan dalam pembuatan probiotik ini mudah didapatkan dan sederhana sehingga para pembudidaya ikan lele di Desa Pojok dapat mempraktikannya dengan mudah dan praktis. Cara pembuatan probiotik juga cukup mudah dengan cara mencampurkan dedak 500 gram, molase 300 ml, yakult 1 botol, fermiphan 1 sachet dan air pada wadah galon yang kemudian diaduk secara merata hingga semua bahan tercampur, kemudian probiotik difermentasi selama kurang lebih 7 – 14 hari, kemudian probiotik siap untuk digunakan. “ Probiotik ini berasal dari bahan-bahan yang mudah ditemukan dan praktis untuk diaplikasikan” Ujar Pak Wiyono, Pembudidaya Lele di Desa Pojok.

(Proses demonstrasi pembuatan probiotik ikan lele)

Program inovasi ini diharapkan dapat menjadi solusi yang berkelanjutan bagi pembudidaya ikan lele di Desa Pojok dan dapat mengoptimalkan pertumbuhan ikan lele. Pembudidaya ikan lele di Desa Pojok juga sangat tertarik dengan adanya program ini dan juga sangat antusias dengan adanya program ini dan akan mencoba untuk membuat probiotik ini. Luaran program ini berupa leaflet mengenai pengenalan probiotik dan langkah-langkah cara membuat probiotik pakan ikan serta prototype produk berupa probiotik. 




Penulis : 
Nabila Putri Permata Sari

Program Studi : 
Akuakultur, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Universitas Diponegoro

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..