Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Berikan Edukasi Pengembangan UMKM Lokal melalui Pemasaran Digital - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 14 Agustus 2024

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Berikan Edukasi Pengembangan UMKM Lokal melalui Pemasaran Digital




Loetju.idBoyolali - UMKM merupakan salah satu pilar penting dalam perekonomian Indonesia. Namun, banyak pelaku UMKM yang masih menghadapi berbagai tantangan dalam mengembangkan usahanya, terutama di bidang pemasaran. Kurangnya pemahaman tentang teknologi digital dan cara memanfaatkannya untuk pemasaran seringkali menjadi hambatan utama. Oleh karena itu, Faiza Faradilla, mahasiswa KKN UNDIP Tim II berinisiatif memberikan edukasi tentang pemasaran digital sebagai solusi bagi para pelaku UMKM untuk dapat lebih berkembang dan bersaing di pasar yang lebih luas.

Program edukasi ini berlangsung di Desa Ngaglik, Kabupaten Boyolali pada Senin (29/7/2024), dengan tujuan membantu UMKM setempat agar lebih adaptif terhadap perubahan tren pasar yang semakin digital. Program ini dimulai dengan memaparkan beberapa topik utama terkait pemasaran digital dimana adanya pengenalan konsep dasar pemasaran digital penggunaan media digital seperti internet, media sosial, dan platform e-commerce. 

Tidak hanya itu, program tersebut mengajarkan cara membangun identitas brand yang kuat bagi UMKM dimana membantu pelaku UMKM dalam pengenalan perancangan logo dan slogan yang menarik, hingga pengenalan alat desain digital sederhana. Strategi pemasaran digital yang dapat diterapkan oleh UMKM juga dijelaskan dalam program ini, yaitu content marketing dan social media marketing. UMKM didorong untuk pemanfaatan platform seperti Instagram dan TikTok untuk membuat konten video yang menarik, yang dapat meningkatkan engagement dan menarik perhatian audiens. Disamping itu, pengenalan platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia untuk menjual produk secara online. Penggunaan WhatsApp Business sebagai alat komunikasi dengan pelanggan juga diperkenalkan yang mampu memberikan kemudahan bagi UMKM dalam mengelola interaksi dengan pelanggan secara efisien.

Kegiatan edukasi ini mendapat sambutan positif dari para pelaku UMKM di Desa Ngaglik. Adanya program ini membuat masyarakat mendapatkan wawasan baru yang sangat bermanfaat dalam mengembangkan bisnis di tengah persaingan pasar yang semakin ketat. Dengan adanya program edukasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam mendukung pengembangan UMKM lokal. 



Penulis : 
Faiza Faradilla, Ilmu Komunikasi (2024)
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing : 
Reny Wiyatasari, S.S., M.Hum

Lokasi : 
Desa Ngaglik
Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..