Mahasiswa KKN TIM II Undip Berikan Pelatihan Ecoprint Kepada Warga Desa Bengle, Boyolali - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 19 Agustus 2024

Mahasiswa KKN TIM II Undip Berikan Pelatihan Ecoprint Kepada Warga Desa Bengle, Boyolali



Loetju.id - Bengle (03/08/2024) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata  (KKN) Universitas Diponegoro Tim II Tahun Akademik 2023/2024. Diandra Faustina Azarine dari Jurusan Biologi, Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro telah melaksanakan pelatihan Ecoprint kepada masyarakat Desa Bengle dengan memanfaatkan daun singkong dan daun papaya yang ada di sekitar Desa Bengle, Wonosamodro, Boyolali. Kegiatan Ecoprint berlangsung di Balai Desa Bengle.

Kegiatan Ecoprint dihadiri oleh 5 kader PKK beserta 15 anggota PKK lainnya, dengan jumlah hadir yaitu 20 orang dari Desa Bengle. Kegiatan pelatihan Ecoprint berjalan dengan lancar karena adanya antusias para peserta dalam mengikuti pelatihan Ecoprint

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan Ecoprint yaitu memanfaatkan pewarna sintetis tanpa mencemari lingkungan yaitu dengan menggunakan bahan-bahan seperti daun dan bunga sebagai pewarna alami, produk Ecoprint dapat membantu meningkatkan perekonomian di desa. Selain itu, dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan kreatif dengan memanfaatkan bahan yang ada di sekitar Desa Bengle. Kegiatan Ecoprint dapat dilakukan dari kalangan anak-anak SD hingga dewasa.

Kegiatan Ecoprint tersebut dilakukan dengan mempraktikkan secara langsung dengan seksama. Diandra membantu memperagakan atau demonstrasi untuk menyampaikan langkah-langkah pembuatan produk Ecoprint yaitu memberikan pengetahuan mengenai Ecoprint, persiapan alat bahan, proses cetak, dan finishing. 

Kegiatan KKN di Desa Bengle berlangsung selama 41 hari, 12 Juli-21 Agustus 2024.



Penulis:
Diandra Faustina Azarine
Mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika

DPL KKN:
Dr. Muchammad, ST., MT.

Lokasi KKN:
Desa Bengle
Kecamatan Wonosamodro, Kabupaten Boyolali

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..