Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Gelar Sosialisasi dan Simulasi Mitigasi Bencana di SDN 01 dan 02 Botolambat: Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa Menghadapi Bencana - Comedy, Indie and Creativity

Sabtu, 10 Agustus 2024

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Gelar Sosialisasi dan Simulasi Mitigasi Bencana di SDN 01 dan 02 Botolambat: Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa Menghadapi Bencana


Loetju.idBatang, Indonesia, 10 Agustus 2024. Pendidikan tentang mitigasi bencana kini semakin penting dalam kurikulum sekolah, dengan fokus pada mempersiapkan anak-anak untuk menghadapi risiko dan situasi darurat. Dengan meningkatnya frekuensi bencana alam dan kejadian tak terduga, penting bagi sekolah untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjaga keselamatan mereka. Program mitigasi bencana di sekolah dirancang untuk memberikan informasi dan pelatihan yang diperlukan agar siswa dapat merespons dengan tenang dan efektif ketika menghadapi situasi darurat. 

Karena itu mahasiswa TIM II KKN UNDIP mencetuskan program sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana pada SDN 01 dan 02 Botolambat. Sebelum melaksanakan program kerja pada hari kamis, 18 Juli 2024 para Mahasiswa KKN TIM II UNDIP melakukan kunjungan ke sekolah SDN 01 dan 02 Botolambat yang bertujuan untuk meminta perizinan pelaksanaan program kerja kepada kepala sekolah SDN 01 dan 02 Botolambat yaitu ibu Ema Trisiani Spd. serta melakukan kolaborasi dengan pihak sekolah dalam pelaksanaan kegiatan nantinya. 

Hari selasa, 23 Juli 2024 Pada awal kegiatan, para siswa dan siswi dari sekolah SDN 01 dan 02 Botolambat berkumpul dilapangan terlebih dahulu. Setelah terkumpulnya semua siswa dan siswi dari SDN 01 dan 02 Botolambat, mahasiswa KKN TIM II UNDIP pun kemudian memulai acara sosialisasi dan Simulasi mitigasi bencana. Sosialisasi ini diberikan agar nantinya para siswa dan siswi lebih mengetahui apa itu bencana alam, jenis jenis bencana alam, langkah langkah mengatisipasi bencana awal dan juga yang paling penting adalah bagaimana tindakan yang dilakukan saat bencana alam. 


Pada sosialisasi ini juga para siswa dan siswi sangat interaktif dalam mendengarkan setiap penjelasan yang diberikan. Setelah dilakukan kegiatan sosialisasi, kemudian kegiatan selanjutnya adalah simulasi ketika terjadi bencana alam, khususnya gempa bumi. Simulasi ini diberikan agar siswa dan siswi lebih memahami penjelasan yang telah diberikan sebelumnya dengan mempraktikan atau melakukannya secara langsung. 

Pada simulasi ini sendiri para siswa dan siswi sangat antusias dalam melaksanakan simulasi. Setelah kegiatan kepala sekolah SDN 01 dan 02 Botolambat memberikan apresiasi kepada tim mahasiswa tim KKN UNDIP yang telah melaksanakan kegiatan ini. Diharapkan melaui sosialisasi dan simulasi mitigasi bencana alam ini para siswa dan siswi serta guru yang ada di SDN 01 dan 02 Botolambat lebih peduli terhadap alam sekitar dan waspada terhadap setiap bencana yang ada khususnya gempa bumi.
 


Penulis : 
Saur M Silalahi

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..