Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Gelar Penyuluhan dengan Tema Sahabat Remaja: Program Edukasi Pengasuhan Anak Usia Remaja di Desa Nganjat - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Agustus 2024

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Gelar Penyuluhan dengan Tema Sahabat Remaja: Program Edukasi Pengasuhan Anak Usia Remaja di Desa Nganjat

 



Loetju.id - Kamis (08/08/2024) Mahasiswa KKN TIM II UNDIP melaksanakan penyuluhan terkait pengasuhan remaja kepada Ibu-Ibu PKK dan Kader Posyandu di Desa Nganjat. Program ini digagas oleh Ni Putu Mocca Aprilla Avitasari dari Fakultas Psikologi yang didasari pertimbangan karena tidak adanya penyuluhan terkait pengasuhan anak remaja dari sudut pandang psikologis dan banyaknya jumlah penduduk berusia remaja di Desa Nganjat. Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Nganjat dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Ibu-Ibu PKK dan Kader Posyandu dalam memahami, membersamai, dan mengatasi permasalahan anak remaja di masa peralihannya menuju dewasa. 

Kegiatan dilaksanakan dengan mengajak Ibu-Ibu mengenali apa itu masa remaja dimana anak-anak akan mengalami pertumbuhan yang pesat dan kuat dalam fisik, emosional, seksual, dan intelektual yang ditandai dengan masa pubertas. Menjelaskan perubahan dan hal-hal yang dialami oleh remaja selama pertumbuhan dan perkembangannya yang meliputi perubahan fisik, emosi, sosial, pencarian jati diri dan mencapai kemandirian, serta perkembangan seksual. Selanjutnya, disebutkan juga tantangan atau permasalahan yang biasanya timbul dalam mengasuh remaja seperti kemungkinan remaja terlibat dalam perilaku berisiko (merokok, minuman keras, narkoba), depresi dan bunuh diri, diet berlebihan hingga gangguan makan, menghadapi stigma masyarakat, dan pergaulan bebas hingga hamil diluar nikah. 

Melihat permasalahan yang mungkin dialami oleh remaja, mahasiswa juga membagikan pengasuhan yang dapat diterapkan oleh orang tua seperti membina komunikasi dan hubungan yang baik antara orang tua dan remaja, mengawasi pergaulan anak, dan membawa anak ke psikolog apabila dibutuhkan. Membina komunikasi dan hubungan baik dapat dilakukan dengan berkomunikasi secara baik dan saling menghormati, menciptakan ruang untuk berbicara dengan anak, membangun hubungan yang saling percaya, memfasilitasi berbagai pengalaman untuk anak, mengajari tanggung jawab, dan menciptakan aturan yang masuk akal. Dalam mengawasi pergaulan anak orang tua dapat berkenalan dengan teman dan orang tua teman anak, berbicara dengan anak terkait teman, pertemanan, dan pemilihan teman, serta mengawasi pertemanan anak. 

Guna menjaga kelanjutan program kerja mahasiswa juga menyerahkan booklet fisik pengasuhan remaja pada 5 pos posyandu dan Ibu Bidan Desa Nganjat serta booklet digital untuk dibagikan pada seluruh orang tua di Desa Nganjat sehingga dapat dipelajari kembali dan diterapkan dalam mengasuh anak remaja. 

Harapannya melalui kegiatan ini ilmu yang diberikan kepada Ibu-Ibu PKK dan Kader Posyandu yang merupakan garda terdepan dalam memberdayakan keluarga dapat disebarluaskan kepada seluruh orang tua di Desa Nganjat sehingga mereka dapat lebih memahami dan membersamai anak-anak remajanya. 



Penulis: 
Ni Putu Mocca Aprilla Avitasari

KKN TIM II Tahun 2023/2024

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..