Mahasiswa KKN TIM II Undip Kenalkan Strategi Edukatif Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari Pada Tenaga Pengajar SDN 01 Pakisari - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Agustus 2024

Mahasiswa KKN TIM II Undip Kenalkan Strategi Edukatif Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari Pada Tenaga Pengajar SDN 01 Pakisari

 

Mahasiswa KKN TIM II Undip Kenalkan  Strategi Edukatif Implementasi Nilai-Nilai Pancasila 
dalam Kehidupan Sehari-hari Pada Tenaga Pengajar SDN 01 Pakisari.
(Dokumen Pribadi)


Loetju.id -  Abdullah Azzam, Mahasiswa KKN jurusan Ilmu Pemerintahan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro melaksanakan program kerja berupa pengenalan Strategi Edukatif Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari Pada Tenaga Pengajar SDN 01 Pakisari.

Program Kerja ini dilaksanakan pada hari Rabu, 24 Juli 2024. Program kerja berfokus Membumikan Demokrasi Pancasila: Strategi Edukatif Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari untuk Generasi Muda Di Lingkungan Satuan Pendidikan dalam pelaksanaannya, selain mengedukasi dan memberi informasi, Mahasiswa Tim II KKN Undip memberikan pendampingan serta mengenalkan strategi edukatif yang bisa diterapkan tenaga pengajar dalam memberikan pengetahuan pentingnya penerapan implementasi pancasila pada generasi muda dimulai dari ranah sekolah dasar.

Tenaga pengajar masih belum bisa menerapkan secara maksimal melakukan dan memberikan pendidikan karakter pancasila pada siswa-siswi terkait pentingnya penerapan nilai-nilai pancasila pada kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, fokus pendampingan tenaga pengajar dalam program ini dilaksanakan pada SDN 01 Pakisari lewat pemberian informasi pentingnya tenaga pengajar menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada muridnya sebagai fondasi pembentukan karakter bangsa. Melalui pemahaman mendalam terhadap Pancasila, siswa dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air, menghormati keberagaman, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Pancasila juga menjadi pedoman hidup yang akan membentuk siswa menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan bertanggung jawab. Dengan demikian, pengajaran Pancasila tidak hanya sebatas pengetahuan teoritis, tetapi juga menjadi praktik nyata dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

Selain itu, mahasiswa TIM II KKN UNDIP juga melakukan FGD (Focus Group Discussion) dan study case pada seluruh siswa-siswi SDN 01 Pakisari untuk membantu siswa-siswi mengenal lebih dalam terkait pancasila sebagai dasar negara yang kelima silanya dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari kegiatan ini dimaksudkan agar siswa-siswi dapat terbiasa dengan perilaku yang mencerminkan nilai pancasila.
 

Menurut Abdullah Azzam, Pancasila adalah dasar negara Indonesia, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Kata "Pancasila" berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti lima dasar atau prinsip. Pancasila terdiri dari lima sila yang saling berkaitan dan menjadi pedoman bagi seluruh rakyat Indonesia dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Maka dari itu, sebagai dasar negara sudah semestinya nilai-nilai pancasila dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari sehingga nantinya dapat tercipta lingkungan yang harmonis dan nyaman. Oleh karena itu pengenalan strategi edukatif sebagai bentuk pendidikan karakter penerapan 5 nilai pancasila pada tingkat grassrot sekolah dasar merupakan hal yang harus dilakukan oleh tenaga pengajar sehingga generasi penerus dapat mengamalkan nilai pancasila dan menggapai Indonesia Emas 2045.

“Untuk pendidikan karakter pancasila memang belum bisa maksimal mas karena memang untuk tenaga pengajar semua sekolah dasar negeri di desa Pakisan cuma sedikit bahkan ada beberapa guru SDN 01 Pakisari yang dirolling untuk bantu-bantu SDN 02 dan SDN 03, karena emang kalah saing sama sekolah swasta mas. Bahkan wali kelas saja kami kurang mas ada 1 guru yang jadi 2 wali kelas jadinya kami pentingin untuk pemenuhan pembelajaran yang pokok dahulu makanya kurang maksimal dalam pendidikan karakter pancasila. Bersyukur ada mas KKN yang mengadakan kegiatan bermanfaat ini” jelas kepala sekolah SDN 01 Pakisari.

Harapannya, setelah pelaksanan program kerja pendampingan dan implementasi strategi edukatif implementasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari pada tenaga pengajar SDN 01 Pakisari dapat memberikan pencerahan kepada tenaga pengajar untuk memberikan pendidikan karakter pancasila sehingga diharapkan siswa-siswi dapat lebih kenal dan paham bagaimana cara bermasyrakat dengan baik dengan menerapkan nilai-nilai pancasila. Di akhir kegiatan pendampingan tersebut ditutup dengan pembagian leaflet dan buku saku UUD 45 untuk seluruh murid SDN 01 Pakisari.



Penulis : 
Abdullah Azzam

Editor:
Achamd Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..