Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Mengajak Pendampingan Halal Lifestyle dan Sistem Keuangan Syariah Di Karang Taruna Dusun Ngandong - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Agustus 2024

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Mengajak Pendampingan Halal Lifestyle dan Sistem Keuangan Syariah Di Karang Taruna Dusun Ngandong




Loetju.id Juwangi, Boyolali (13\08/2024) – Desa Juwangi merupakan salah satu desa di Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Desa Juwangi merupakan desa yang menjadi salah satu pilihan mahasiswa UNDIP untuk melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Meningkatkan pemahaman masyarakat,terutama generasi muda,mengenai pentingnya menerapkan gaya hidup halal dan sistem keuangan syariah dalam kehidupan sehari-hari. Halal Lifestyle dapat diartikan sebagai cara individu untuk menjalani hidupnya sehari-hari dengan prinsip halal, dimulai dari tingkah laku,kebiasaan,aktivitas hingga minat dan ketertarikan yang semuanya harus sesuai dengan syariah Islam.Trend Halal Lifestyle dunia adalah salah satu bentuk ketaqwaan yang menjelaskan tidak hanya terbatas pada konsumsi makanan dan minuman yang halal, tetapi juga mencakup aspek-aspek lain seperti berpakaian,bertingkah laku,dan menyalurkan minat dan bagaimana bertransaksi secara sesuai dengan prinsip-prinsip syariah.

Ekonomi dan Keuangan Syariah adalah potensi besar yang harus terus digali.Jika remaja tidak sadar akan pentingnya untuk pengembangan ekonomi halal sebagai sumber pertama dalam produk-produk Indonesia, maka akan sulit untuk maju dan mengembangkan kehidupan ekonomi Indonesia. Hal tersebut didasari oleh sektor ekonomi dan keuangan dengan prinsip syariah yang memiliki peran dalam mendorong perekonomian regional maupun nasional karena halal lifestyle pun secara nyata mampu mendorong untuk perekonomian. Dalam menjalankan Halal Lifestyle yang pertama kita harus mengetahui makna dari kebutuhan dan keinginan karena terdapat empat prinsip yang harus dijalankan,yaitu prinsip syariah,prinsip kuantitas karena tidak diperbolehkan berlebihan,prinsip prioritas karena tidak membeli dan prinsip moralitas sesuai dengan akidah. Mengkonsumsi produk halal yang thayyib baik dari tubuh karena yang diolah secara higienis.selain itu indonesia memiliki populasi muslim terbesar sebanyak 3.406.213 jiwa.


Mahasiswa KKN Tim II Undip mengajak para remaja untuk mengenal "Pentingnya Halal Lifestyle dengan Mewujudkan Sistem Ekonomi Syariah". Materi yang disampaikan menjelaskan tentang apa itu Halal Lifestyle, Perbedaan kebutuhan dan keinginan menurut syariah, Hal yang harus dihindari dalam pengelolaan keuangan syariah yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat seperti tabungan syariah, pembiayaan mudharabah menekankan pentingnya menghindari riba dalam transaksi keuangan. Sistem keuangan syariah menawarkan solusi bagi umat islam untuk menjalankan aktivitas ekonomi yang bebas dari unsur riba,gharar dan maysir dengan masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan tanpa melanggar syariat islam.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis (26/7/2024) bertempat di rumah anggota karang taruna yang didatangi oleh mahasiswa secara langsung. Mahasiswa KKN memberikan poster yang memuat informasi terkait dengan bahasa yang mudah dimengerti dan diharapkan dengan adanya  pendampingan ini para remaja semakin memahami dan bisa membedakan keinginan dan kebutuhan mereka serta bagaimana cara mengelola keuangan mereka secara baik dan benar untuk nantinya mendorong perekonomian dimasa yang akan datang.
 

 
Penulis : 
Luthfiana Putri Dea Salsabila

Fakultas/Jurusan : 
Ekonomika dan Bisnis/ Ekonomi Syariah

DPL
Irfan Murtadho Yusuf S.A.P., MPM    

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..