Mahasiswa KKN TIM II Undip Usulkan Program Neonisasi Jalan untuk Tingkatkan Keamanan di Desa Klewor - Comedy, Indie and Creativity

Minggu, 11 Agustus 2024

Mahasiswa KKN TIM II Undip Usulkan Program Neonisasi Jalan untuk Tingkatkan Keamanan di Desa Klewor


Penyerahan simbolis proposal Rencana Anggaran Biaya (RAB) 
untuk program Neonisasi Jalan di Desa Klewor.

Loetju.id - Boyolali (30/7/2024) - Dalam upaya mendukung perkembangan potensi Desa Klewor, 8 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Universitas Diponegoro (Undip) membuat proposal Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk program Neonisasi Jalan di Desa Klewor. Program ini diserahkan kepada Perangkat Desa Klewor pada hari Selasa (30/07/2024). 

Program ini sebagai langkah awal untuk meningkatkan keselamatan dan kenyamanan warga melalui pemasangan lampu jalan yang memadai. Kurangnya penerangan jalan yang layak di Desa Klewor telah menjadi perhatian utama karena dapat mengancam keselamatan dan mengurangi kenyamanan warga, terutama di malam hari. Program neonisasi ini bertujuan untuk merencanakan pemasangan lampu jalan di berbagai titik strategis di Desa Klewor. Penerangan yang memadai diharapkan dapat mengurangi risiko kecelakaan serta meningkatkan keamanan dan kenyamanan warga dalam beraktivitas. Proses penyusunan proposal melibatkan perangkat Desa Klewor dan para mahasiswa KKN. 

Sebelum membuat proposal, para mahasiswa KKN melakukan pengukuran jalan untuk menentukan lokasi-lokasi yang membutuhkan penerangan. Setelah itu, menyusun denah perencanaan dan dokumen shop drawing. Setiap anggota tim KKN Undip memberikan kontribusi sesuai dengan keahlian dan bidang ilmunya. Proposal RAB diserahkan pada tanggal 30 Juli 2024 kepada perangkat desa dengan berisi perincian biaya untuk lampu, tiang, instalasi, dan komponen lainnya yang terkait serta pencegahan dan penanganan apabila terjadi kecelakaan kerja saat pemasangan neonisasi jalan.

Perangkat Desa Klewor menyambut baik proposal tersebut sebagai langkah penting untuk meningkatkan kualitas hidup warga. Kepala Desa menyatakan bahwa mereka sangat mendukung program neonisasi dan akan bekerja keras untuk memastikan pelaksanaannya berjalan lancar. Mereka berharap penerangan jalan yang lebih baik akan meningkatkan keselamatan dan kenyamanan warga. 

 Penjelasan proposal Rencana Anggaran Biaya (RAB) 
untuk program Neonisasi Jalan oleh Mahasiswa KKN UNDIP

Dengan dibuatnya proposal Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk program Neonisasi Jalan, Mahasiswa KKN berharap proposal ini bisa berguna bagi Perangkat Desa Klewor dalam mengajukan biaya untuk penerangan jalan di Desa Klewor.



Penulis: 
TIM II KKN UNDIP Desa Klewor

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Dr. Ir. Dwi Haryo Ismunarti M.Si.

Editor:
Achmad Munandar

#KKNUndipTim2
#p2kknundip
#lppmundip
#undip

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..