Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Adakan Pelatihan Screening Kesehatan Gigi Dan Mulut di Posyandu - Comedy, Indie and Creativity

Jumat, 09 Agustus 2024

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro Adakan Pelatihan Screening Kesehatan Gigi Dan Mulut di Posyandu





Loetju.id - Pekalongan (18/07/24) - Mahasiswa Kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Diponegoro jurusan Kedokteran Gigi, Aulya Putri Pangestuti telah melaksanakan program pelatihan screening kesehatan gigi dan mulut. Program ini dilaksanakan di posyandu balita desa Kedungjaran dan dihadiri oleh anggota posyandu, kader kesehatan, dan ibu bidan. 

Program pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para orang tua dalam memeriksa kondisi rongga mulut anaknya agar tetap dalam kondisi yang optimal. Kesehatan gigi dan mulut tidak boleh disepelekan karena dari rongga mulutlah tercermin kesehatan seseorang secara menyeluruh. Berdasarkan hasil observasi, anak-anak di desa kedungjaran banyak yang mengalami penumpukan plak sehingga dapat menyebabkan timbulnya gigi berlubang. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sedari dini dengan pemeriksaan sederhana yang di lakukan oleh orang tua maupun dapat dilakukan juga di posyandu. 


Dalam pelaksanaannya, kami mahasiswa KKN mengadakan pelatihan kepada anggota posyandu dan kader kesehatan mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan selama memeriksa keadaan rongga mulut anaknya agar tetap bersih dan sehat. Kami juga memberika edukasi terkait tanda awal gigi berlubang dan bagaimana penanganannya. Pelatihan ini melibatkan demonstrasi langsung di lapangan. Di akhir kegiatan terdapat sesi tanya jawab dan dokumentasi pemberian booklet Kesehatan gigi dan mulut bagi anak. 

Para anggota posyandu mengikuti rangkaian acara dengan antusias. Para kader Kesehatan juga merasa terbantu dengan pelatihan yang kami berikan. Pelatihan dan edukasi yang diberikan kepada kader kesehatan bertujuan agar mereka menjadi sumber informasi bagi masyarakat dan dapat menyebarluaskan ilmu yang mereka punya, sehingga upaya edukasi dapat terus berlanjut. 

Keberhasilan program ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk bidan desa dan masyarakat. Program pelatihan screening kesehatan gigi dan mulut ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan gigi dan mulut serta dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..