Mahasiswa KKN Undip Ajak ibu-ibu PKK dan Kader Kesehatan untuk Senam Anti-Hipertensi Sebagai Upaya Pengendalian Angka Hipertensi - Comedy, Indie and Creativity

Selasa, 13 Agustus 2024

Mahasiswa KKN Undip Ajak ibu-ibu PKK dan Kader Kesehatan untuk Senam Anti-Hipertensi Sebagai Upaya Pengendalian Angka Hipertensi

 


Loetju.id -  Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit tidak menular yang sering dijuluki sebagai ”The Silent Killer” karena sering terjadi tanpa adanya keluhan, hipertensi dapat dipengaruhi oleh banyak aspek seperti usia, kebiasaan makana yang tmengandung tinggi garam, keturunan, pola hidup tidak sehat, dan sebagainya. Pada usia pra-lansia (45-59 tahun) rawan terkena penyakit hipertensi karena seiring berjalannya usia terjadi penurunan fungsi organ tubuh salah satunya pembuluh darah arteri yang berkurang elasitasnya serta daya tahun tubuh yang berkurang.

Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro merangkul ibu-ibu PKK RT 01 RW 02 di Kelurahan Gilingan untuk mengenalkan salah satu intervensi ”Senam Anti-Hipertensi” sebagai upaya pengendalian hipertensi. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 28 Juli 2024 pada pukul 16.00 – 16.30 WIB yang diawali dengan pemaparan materi, isi materi yang disampaikan yaitu pengenalan hipertensi, tanda dan gejala, faktor yang mempengaruhi, pentingnya mengecek tekanan darah secara rutrin, dan mengajak untuk mengendalikan hipertensi dengan gerakan PATUH (Periksa, Atasi, Tetap diet, Upayakan, dan Hindari) semua materi tersebut dirangkum dalam leaflet dengan bahasa yang mudah dipahami. 


Saat menyampaikan materi lebih ditekankan pada pengendalian hipertensi dengan PATUH terutama pada kapatuhan serta kesadaran untuk meminum obat hipertensi secara rutin terutama bagi individu yang mempunyai riwayat sakit lainnya lalu setelahnya ada sesi berbagi cerita bagaimana pengalaman untuk mengendalikan hipertensi, dampak jangka pendek serta panjang apabila tidak hipertensi tidak ditangani, dan pengalaman lainnya setelahnya dilanjutkan dengan praktik senam anti-hipertensi.

Senam ini cukup mudah dilakukan dengan durasi kurang lebih 6 menit, senam ini terdiri dari senam pada telapak tangan, lengan, dan kaki, olahraga ini berfungsi untuk merelaksasi pembuluh darah sehingga melebarnya pembuluh darah tekanan darah akan turun secara perlahan. Ibu-ibu sangat antusias saat senam karena beberapa dari mereka belum mengetahui terkait senam anti hipertensi.

Dengan adanya kegiatan dan praktik senam ini diharapkan ilmu yang diberikan dapat bermanfaat, dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, dan warga dapat melakuakn perncegahan serta pengendalian hipertensi secara mandiri.


Penulis : 
Anindita Dewi Anggraini 
(Fakultas Kedokteran - Ilmu Keperawatan)


Dosen Pembimbing :
1.  Prof. Dr. Ir. Siswanto Imam Santoso, M.P.
2.  Dr. Dea Amarilisa Adespin, M.Kes, FISPH
3.  Dra. Retno hestiningsih, M.Kes

TIM II Kuliah Kerja Nyata Reguler 2023/2024
Universitas Diponegoro, Semarang

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..