Mahasiswa KKN UNDIP Gelar Inspeksi Hygiene dan Sanitasi SDN Jatitengah 1 Untuk Pencegahan DBD - Comedy, Indie and Creativity

Kamis, 08 Agustus 2024

Mahasiswa KKN UNDIP Gelar Inspeksi Hygiene dan Sanitasi SDN Jatitengah 1 Untuk Pencegahan DBD

 


Loetju.id - Inspeksi hygiene dan sanitasi adalah kunci untuk menjaga kebersihan sekolah dan mencegah penyebaran penyakit. Dengan inspeksi rutin, dapat memastikan lingkungan belajar yang sehat dan nyaman bagi siswa. Sekolah bisa menjadi sarang nyamuk Aedes Aegypti, penyebab Demam Berdarah Dengue (DBD). Untuk mencegah DBD, kita harus menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Penanganan sanitasi pada sekolah dasar dengan fokus upaya pencegahan DBD untuk menuju sanitasi sekolah yang lebih baik.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pencegahan DBD di lingkungan sekolah dasar, pada tanggal 2 Agustus 2024, mahasiswa KKN Tim II UNDIP melaksanakan acara "Inspeksi Hygiene & Sanitasi SDN Jatitengah 1 dalam Upaya Pencegahan DBD" yang ditujukan kepada petugas kebersihan sekolah. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk program kerja dari Aisya Maulida mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP.  Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kebersihan dan sanitasi sekolah guna mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). 

Inspeksi rutin adalah kunci untuk memastikan lingkungan belajar yang sehat dan nyaman bagi siswa. SDN Jatitengah 1 berpotensi menjadi sarang nyamuk Aedes aegypti, penyebab DBD, sehingga menjaga kebersihan lingkungan sekolah sangat penting. Acara dimulai dengan pembagian leaflet yang berisi gambaran, penjelasan, dan langkah-langkah inspeksi hygiene dan sanitasi sekolah dasar kepada petugas kebersihan. 

Selanjutnya, dilakukan penyuluhan yang memaparkan materi secara interaktif. Petugas kebersihan fokus dan antusias mengikuti penjelasan. Setelah itu, kami melakukan praktik langsung inspeksi hygiene dan sanitasi di lingkungan sekolah. Petugas kebersihan mengikuti langkah-langkah dengan baik, menjadikan praktik inspeksi berjalan lancar dan mengesankan. 


"Saya sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Penjelasan mengenai inspeksi hygiene dan sanitasi sangat jelas dan interaktif. Saya merasa lebih percaya diri dalam menjaga kebersihan sekolah, terutama dalam upaya pencegahan DBD. Praktik langsung yang dilakukan sangat membantu saya memahami langkah-langkah yang harus diambil. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut agar lingkungan sekolah kita tetap sehat dan bebas dari penyakit” ujar petugas kebersihan SDN Jatitengah 1 sangat antusias dengan kegiatan ini. 

Di akhir acara, mahasiswa KKN Tim II UNDIP membagikan lima lembar formulir inspeksi hygiene dan sanitasi dengan harapan kegiatan ini dapat diterapkan secara rutin dan berkelanjutan, menciptakan sekolah yang sehat serta bebas dari DBD.



Penulis: 
Aisya Maulida 
Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Angkatan 2021

Dosen Pembimbing Lapangan: 
Riza Susanti, S.T., M.T.

Lokasi: 
SDN Jatitengah 1
Desa Jatitengah, Kec. Sukodono, Kab. Sragen

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..