Mahasiswa KKN UNDIP Laksanakan Pendampingan Kader mengenai Penerapan Higiene Sanitasi saat Proses Pengolahan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) - Comedy, Indie and Creativity

Rabu, 14 Agustus 2024

Mahasiswa KKN UNDIP Laksanakan Pendampingan Kader mengenai Penerapan Higiene Sanitasi saat Proses Pengolahan Pemberian Makanan Tambahan (PMT)

 


Loetju.idMagelang, (14/08/2024) - Kesehatan dan kebersihan merupakan aspek yang krusial dalam penyediaan makanan, terutama dalam konteks Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk anak-anak. Kader kesehatan memiliki peran penting dalam memastikan bahwa proses pengolahan makanan memenuhi standar higiene dan sanitasi yang tinggi. Oleh karena itu, pendampingan kepada ibu-ibu kader mengenai higiene dan sanitasi yang baik untuk mencegah terjadinya kontaminasi sangatlah penting. 

Erika Sukma Setiyani, seorang mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM II Universitas Diponegoro Tahun Akademik 2023/2024 dari Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat berhasil menjalankan program penyuluhan serta pendampingan kader mengenai penerapan higiene dan sanitasi yang baik dan benar pada saat proses pengolahan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di Paud Dusun Daleman, Desa Bawang serta di Rumah ibu Kader yang digunakan sebagai tempat untuk pengolahan Pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Kegiatan yang dilakukan selama dua hari pada tanggal 02 dan 03 Agustus 2024 ini, diikuti oleh 14 ibu-ibu kader Desa Bawang dan memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama ibu-ibu kader mengenai pentingnya penerapan higiene dan sanitasi yang baik dan benar pada saat proses pengolahan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) sebagai upaya pencegahan terjadinya kontaminasi pada makanan. 

Dalam kegiatan tersebut, Erika memberikan pemahaman konvensional mengenai pengertian dari higiene dan sanitasi, prinsip serta beberapa contohnya. Selain itu, ia juga memberikan tips dan trik tambahan dalam penerapan higiene dan sanitasi yang baik dan benar. Dengan bahasa yang mudah dipahami, Erika berhasil menarik perhatian para ibu-ibu kader dan mendorong mereka untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh.


“Higiene sanitasi adalah semua kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kebersihan kesehatan pengolahan, dalam dan proses penyimpanan, penyajian, dan distribusi makanan. Makanan yang tidak diolah dengan benar dapat menjadi media penyebaran bakteri dan patogen yang berpotensi menyebabkan penyakit. Oleh karena itu, menjaga kebersihan diri, peralatan, dan lingkungan sangat penting untuk memastikan keamanan makanan," ujar Erika. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terutama ibu-ibu kader mengenai penerapan higiene dan sanitasi yang baik dan benar pada saat proses pengolahan Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Dengan penerapan higiene dan sanitasi yang baik dan benar, kita dapat mencegah terjadinya kontaminasi pada makanan dan menjaga kualitas makanan tetap baik untuk menghindari anak dalam terjangkit penyakit menular makanan. 



Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..