Mahasiswa KKN UNDIP: Memastikan Jantung Tambak Tetap Berdetak: Perawatan Mesin Aerator Kincir di Desa Pacar - Comedy, Indie and Creativity

Senin, 12 Agustus 2024

Mahasiswa KKN UNDIP: Memastikan Jantung Tambak Tetap Berdetak: Perawatan Mesin Aerator Kincir di Desa Pacar




Loetju.id - Pekalongan, 31 Juli 2024 - Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (UNDIP) yang bertugas di Desa Pacar, Kecamatan Tirto, Kabupaten Pekalongan, telah berhasil meningkatkan produktivitas tambak ikan melalui program pengedukasian perawatan mesin aerator kincir. Mesin aerator, sering disebut sebagai "jantung" dari sebuah tambak, memainkan peran krusial dalam menjaga kualitas air dan mendukung pertumbuhan ikan.
Melalui pengedukasian ini, mahasiswa KKN memberikan praktik langsung di lapangan. 

Para petani tambak diajarkan cara membersihkan bagian-bagian mesin yang sering kotor, mengganti oli pelumas secara berkala, serta mengidentifikasi tanda-tanda kerusakan awal.
Menurut Agnes, seorang mahasiswa dari prodi Rekayasa Perancangan Mekanik yang ikut serta dalam program ini, menjelaskan, "Mesin aerator ini seperti mesin mobil. Jika tidak dirawat dengan baik, performanya akan menurun dan bisa rusak. Oleh karena itu, perawatan rutin sangat penting untuk memastikan mesin tetap bekerja optimal."

Salah satu masalah yang dihadapi petani tambak adalah mengganti oli pelumas. Mahasiswa KKN memberikan tips untuk mencegah hal ini terjadi, seperti mengganti oli pelumas yang sudah lama tidak diganti, selain itu juga membersihkan bagian-bagian dalam dari aerator kincir yang terkena lumut akibat terendam air. 


Selain itu, mahasiswa KKN juga memberikan edukasi tentang pentingnya mengecek komponen-komponen pada aerator kincir sebelum digunakan, apabila terjadi kerusakan untuk segera mengganti komponen tersebut untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada aerator kincir tersebut. 

Menurut Bapak Irawan yang telah mengikuti pengedukasian ini, mengungkapkan, "Sebelum mengikuti pengedukasian, saya sering bingung ketika mesin aerator saya mengeluarkan bunyi bising. Sekarang, saya sudah bisa mengatasi masalah kecil sendiri. Saya juga lebih teliti dalam memeriksa kondisi mesin secara berkala."

Dengan perawatan yang baik, mesin aerator dapat beroperasi lebih efisien dan memiliki umur pakai yang lebih panjang. Hal ini tidak hanya menghemat biaya operasional, tetapi juga meningkatkan produktivitas tambak.



Penulis : Agnes Natalia Ayu Larasati 

Prodi : Rekayasa Perancangan Mekanik

NIM : 40040221650027

DPL : Nenik Woyanti. S.E., M.Si. 

Editor: Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..