Mahasiswa KKN Undip Memberi Edukasi dan Mengajak Para Siswa/siswi SD untuk Membuat Herbarium: Awetan Tanaman - Comedy, Indie and Creativity

Sabtu, 10 Agustus 2024

Mahasiswa KKN Undip Memberi Edukasi dan Mengajak Para Siswa/siswi SD untuk Membuat Herbarium: Awetan Tanaman

 


Loetju.idBengle (30/07/2024) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata  (KKN) Universitas Diponegoro Tim II Tahun Akademik 2023/2024. Diandra Faustina Azarine dari Jurusan Biologi, Fakultas Sains dan Matematika telah memberikan edukasi mengenai herbarium atau dikenal sebagai awetan tanaman yang dapat memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar desa. 

Herbarium merupakan koleksi tanaman yang telah dikeringkan. Kegiatan herbarium ini memanfaatkan bagian organ tanaman seperti daun, bunga, akar, batang. Sebelum membuat awetan tanaman atau herbarium, tanaman yang akan digunakan diidentifikasi terlebih dahulu. Terdapat dua jenis herbarium, yaitu herbarium kering dan herbarium basah. 

Kegiatan herbarium dilakukan oleh siswa-siswi sekolah dasar (SD) Bengle 2. Peserta yang hadir dalam pelaksanaan kegiatan herbarium ini berkisar 22 murid yang dilakukan secara berkelompok. Kegiatan herbarium berjalan dengan lancar karena adanya antusias para peserta dalam mengikuti kegiatan herbarium. 

Tujuan diadakannya kegiatan herbarium ini yaitu mempermudah para siswa-siswi SD Bengle 2 untuk mempelajari bagian dari organ tanaman, meningkatkan kepedulian siswa-siswi terhadap keanekaragaman hayati yang ada di sekitar lingkungan Desa Bengle, meningkatkan kreativitas siswa-siswi. 

Hal yang paling penting yaitu mengetahui langkah-langkah dalam pembuatan herbarium. Tahap pertama yang harus dilakukan yaitu persiapan alat dan bahan, selanjutnya mengumpulkan jenis tanaman yang akan digunakan, proses pengeringan (dikeringkan minimal 2 minggu), penempelan, dan penyimpanan. Penyimpanan herbarium perlu mencantumkan identitas kolektor. 

Kegiatan KKN di Desa Bengle berlangsung selama 41 hari, 12 Juli-21 Agustus 2024.



Penulis:
Diandra Faustina Azarine
Mahasiswa Fakultas Sains dan Matematika

DPL KKN:
Dr. Muchammad, ST., MT.

Lokasi KKN:
Desa Bengle
Kecamatan Wonosamodro, Kabupaten Boyolali

Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..