Mahasiswa KKN Undip Membuat Booklet Etnofotografi untuk Memperkenalkan dan Melestarikan Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Desa Kebondalem - Comedy, Indie and Creativity

Sabtu, 10 Agustus 2024

Mahasiswa KKN Undip Membuat Booklet Etnofotografi untuk Memperkenalkan dan Melestarikan Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Desa Kebondalem



Loetju.id - Batang (09/08/2024) - Tradisi merupakan suatu warisan kebudayaan atau suatu kebiasaan-kebiasaan masa lalu yang dilestarikan secara terus menerus hingga saat ini. Sejalan dengan pengertian tersebut maka budaya yang dilakukan secara terus menerus termasuk dalam tradisi. Seperti halnya kehidupan sosial budaya masyarakat Desa Kebondalem menjadi salah satu tradisi budaya yang berisi kebiasaan-kebiasaan masyarakat. 

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada masyarakat Desa Kebondalem, mahasiswa KKN Tim II Undip bernama Anggun Tri Akadiana dari program studi Antropologi Sosial membuat sebuah karya Etnofotografi untuk mengenalkan dan melestarikan kehidupan sosial budaya masyarakat Desa Kebondalem. Desa Kebondalem memiliki potensi kehidupan sosial budaya yang dapat diperkenalkan secara lokal maupun non-lokal. Kehidupan sosial budaya masyarakat Desa Kebondalem memiliki ciri khas tersendiri mulai dari tradisi budaya setempat, pekerjaan, makanan dan berbagai keseharian yang mencerminkan kehidupan di Desa Kebondalem. 

Karya Etnofotografi tersebut kemudian dibukukan sebagai arsip budaya Desa Kebondalem. Booklet tersebut berisi foto-foto keseharian dan tradisi budaya masyarakat beserta penjelasan singkat di setiap foto. Booklet tersebut juga memuat berbagai UMKM yang terdapat di Desa Kebondalem. Selain mengenalkan budaya masyarakat, booklet ini dibuat untuk mengenalkan berbagai UMKM lokal kepada masyarakat secara luas. 

Program ini dilakukan dengan tujuan untuk mendokumentasikan setiap kehidupan sosial budaya termasuk keseharian masyarakat di dalamnya. Berbagai kehidupan sosial budaya di Desa Kebondalem penting untuk dibukukan agar dapat dikenalkan ke masyarakat luar desa dan dilestarikan oleh anak-anak muda di masa mendatang. Adapun tujuan lain yaitu agar budaya di Desa Kebondalem tidak hilang keberadaannya maka harus dikenalkan ke anak-anak sejak dini. 


Booklet tersebut dibuat dan diunggah di website desa agar dapat diakses oleh masyarakat luas. Booklet ini telah didistribusikan ke sekolah dasar sebagai upaya pengenalan budaya lokal kepada anak-anak di Desa Kebondalem agar dapat dijaga serta dipertahankan keberadaannya. Selain diunggah di website desa, booklet ini juga diberikan dalam bentuk buku untuk arsip balai desa. Penyerahan booklet dilakukan pada 9 Agustus 2024 di balai desa dan MI Islamiyah Kebondalem 02. Adanya pembuatan booklet ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mengenalkan setiap budaya dan keseharian masyarakat lokal. 




Penulis : 
Anggun Tri Akadiana
Mahasiswa Universitas Diponegoro
Fakultas Ilmu Budaya
Program Studi Antropologi Sosial

KKN TIM II UNDIP 2024

Editor :
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..