Mahasiswa KKN Undip Merancang Pelatihan Serba Bisa ke Sekolah Dasar: Siswa Kuasai Matematika, Keuangan, dan Teknologi - Comedy, Indie and Creativity

Minggu, 11 Agustus 2024

Mahasiswa KKN Undip Merancang Pelatihan Serba Bisa ke Sekolah Dasar: Siswa Kuasai Matematika, Keuangan, dan Teknologi

 
Gambar 1 Mahasiswa KKN UNDIP TIM II Willy Verdela 
melakukan review materi kepada siswa/i SDN 02 Desa Mengori 
sebelum melakukan kuis dan permainan.


Loetju.id - Mengori, 26 Juli 2024 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (Undip) kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap pendidikan di daerah. Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro mengadakan pelatihan komprehensif bagi siswanya. Pelatihan ini mencakup materi matematika dan keuangan dasar yang disampaikan melalui cara yang kreatif dan menarik, yaitu dengan menggunakan aplikasi kuis dan permainan. Selain itu, siswa juga dilatih untuk mengoperasikan Microsoft Word sebagai salah satu alat produktivitas yang penting.

Mahasiswa KKN Undip, Willy Verdela dari jurusan Akuntansi Perpajakan dan Sultan Firmansyah dari jurusan Teknik Informatika, merancang kegiatan pelatihan ini dan menerapkannya di SDN 02 Desa Mengori. ”Kami terlebih dahulu melakukan survei ke SDN 02 Desa Mengori bersama dengan guru-guru di sekolah untuk mengetahui hal apa yang menjadi kesulitan siswa/i dalam kegiatan pembelajaran saat ini. Pengetahuan mengenai teknologi dan pembelajaran mengenai matematika dan keuangan dasar belum dilaksanakan secara baik dikarenakan sarana prasarana yang belum memadai dan kegiatan pembelajaran yang cenderung monoton,” ujar mereka dengan antusias.

Program pelatihan ini dilakukan di SDN 02 Desa Mengori, khususnya kepada siswa/i kelas 5 SD dengan jumlah siswa/i sebanyak 40 orang. Pelatihan diawali dengan pengenalan perangkat komputer dan cara pengoperasiannya. Lalu, dilanjut dengan Pelatihan Microsoft Word serta Matematika dan Keuangan Dasar. Di sesi akhir, Mahasiswa KKN Undip mengadakan sesi kuis dan permainan menggunakan laptop sebagai media pengerjaannya. Kuis dan permainan diisi dengan materi-materi pelatihan yang sudah diajarkan sebelumnya.
Kepala Sekolah SDN 02 Desa Mengori, Ibu Casipah, S.Pd., Menyambut baik pelatihan ini. 

”Kami sangat mendukung program pelatihan ini karena hal ini sangat diperlukan untuk siswa/i kelas 5 saat ini untuk persiapan ujian sekolah. Siswa/i kelas 5 pun pastinya dapat menyerap ilmu dengan baik karena pelatihan ini dibawakan dengan metode baru yang belum diterapkan di sekolah. Hal ini dapat menjadi inspirasi bagi guru-guru disini untuk melakukan kegiatan belajar mengajar. Harapan kedepannya agar guru-guru di sekolah ini dapat menerapkan hal yang sama kedepannya.”, ucapnya dengan rasa senang.
 
Gambar 2 Mahasiswa KKN UNDIP TIM II Sultan Firmansyah dan Willy Verdela 
melakukan pembelajaran dan permainan 
berisikan materi Microsoft Word, Matematika, dan Keuangan menggunakan laptop.

Melalui pelatihan ini, diharapkan siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa, terutama dalam bidang matematika dan keuangan yang sering dianggap sulit. Inovasi pembelajaran ini diharapkan juga dapat meningkatkan minat belajar siswa dan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, pelatihan pengoperasian Microsoft Word juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas siswa dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.




Editor:
Achmad Munandar

Bagikan artikel ini

Jangan lupa komen ya Guys..